NEWS
DETAILS
Minggu, 15 Mar 2020 13:06 - Honda Community

Hamparan pegunungan, udara sejuk, dan lingkungan asri yang dimiliki Garut menjadikan kota ini dijuluki sebagai kota Intan oleh Soekarno. Bukan tanpa alasan, ini karena saat itu Garut merupakan kota terbersih di Indonesia. Namun ngak adil rasanya jika kita hanya menikmati keelokan Garut tanpa mengetahui camilan daerah ini.

Nih ya brad, camilan asik khas Garut:

Burayot

Kue berbentuk menggelantung ini terbuat dari bahan gula merah, tepung beras, kacang tanah, minyak kelapa. Proses pembuatnnya tidak memerlukan waktu yang cukup lama. Ada lima varian rasa burayot yang bisa dicicip; jahe, keju, kacang tanah dan coklat. Tempat wisata Candi Cangkuang / Situ Cangkuang merupakan wilayah yang cukup terkenal dengan produksi makanannya Burayot. Burayot juga semakin nikmat disantap saat masih dalam keadaan hangat.

Kue Balok Maranti

Berbahan adonan tepung terigu, telur, gula, mentega, soda kue, dan susu. Bentuknya mirip kue pukis, namun dengan ukuran lebih besar. Namun, rasanya sedikit berbeda dengan kue pukis. Memiliki varian rasa original, keju, durian, coklat, dan kacang. Kue Balok Maranti ini sangat pas disajikan dalam keadaan hangat dengan tingkat kematangan medium, lumer di mulut.

Dorokdot /Kerupuk Kulit

Berbeda dengan kerupuk kulit yang terbuat dari bahan kerbau, Dorokdot terbuat dari kulit sapi. Dorokdot diolah menggunakan rempah-rempah dan tanpa bahan pengawet. Dorokdot memiliki 2 (dua) varian rasa; original dan pedas. Proses pembuatannya cukup memakan waktu; bisa lima sampai tujuh hari. Proses yang paling lama adalah mengolah kulit mentahnya. Kulitnya harus melalui beberapa proses seperti direbus, dijemur, lalu digoreng, dst.

Emplod

Emplod memiliki nama lain yaitu endog lewo. Arti nama tersebut yaitu telur yang terbuat dari daerah kampung lewo. Bahan dasar makanan emplod adalah singkong yang telah digiling dan diperas. Kemudian, proses tersebut didiamkan selama 24 jam. Jika proses tersebut sudah menempuh satu hari, selanjutnya singkong tadi dicampur dengan parutan kelapa serta bumbu-bumbu. Dalam pembuatan emplod, biasanya perlu dibentuk bulatan kecil.

Mimin sih kasih tau aja ya brad, kalua ngemil jangan sendirian, nanti gendut. Mendingan bagi-bagi juga ke mimin kalau beli camilan asik Garut, dijamin gak gendut.

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK