NEWS
DETAILS
Kamis, 30 Apr 2020 10:02 - Honda Community

Tabel Mando adalah salah satu makanan khas masyarakat Natuna. Menggunakan bahan dasar sagu mentah dengan berbagai bumbu yang membuatnya gurih dan enak disantap. Mendapat julukan sebagai pizza khas Natuna karena dibentuk seperti pizza, bulat dan pipih layaknya pizza khas Italia.

Makanan bergizi ini sudah ada sejak dulu. Menjadi makanan pengganti disaat cuaca sedang tidak bersahabat. Misalnya pada musim Utara yang anginnya kencang. Masayarakat akan kesulitan sembako yang didatangkan dari luar Natuna, karena gelombang tinggi. Untuk bisa tetap bertahan dengan sumber yang ada, akhirnya masyarakat membuat makanan pokok pengganti. Antara lain Tabel Mando dan Tabel Arok.

Bahan pembuatan tabel mando di antaranya adalah beberapa makanan laut serta sagu bulir. Ada banyak fauna laut yang bisa diolah untuk membuat tabel mando seperti ikan tuna, gurita, ikan tongkol, dan kepiting. Bahan-bahan tersebut biasanya diolah penduduk lokal dalam keadaan segar mengingat Natuna berlokasi di area pesisir di tengah-tengah laut.

Kalau brad suka kerak telor, pasti suka juga dengan pizza Natuna ini deh; hanya saja untuk yang ini lebih renyah dan aroma asap-nya sangat menggugah selera.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK