NEWS
DETAILS
Sabtu, 01 Aug 2020 10:05 - Honda Community

Siapa yang pernah mengunjungi Nusa Tenggara Timur (NTT)? Kalau sudah pernah, apa brad tahu makanan apa yang menjadi ciri khas provinsi NTT?

Yups, benar sekali! Daging sapi Se’i adalah salah satu makanan yang menjadi ciri khas di NTT. Se’i sendiri berasal dari Bahasa Rote yang mempunyai arti daging yang diiris tipis dan memanjang, lebarnya sekitar 2-3 cm.

Se’i adalah daging yang sudah diberi bumbu garam dan rempah-rempah yang berlimpah, kemudian dimasak dengan proses pengasapan dan pembakaran kayu dan daun pohon kosambi. Lalu, daging ditutup dengan daun kosambi agar aromanya semakin menyerap, pengasapan ini bisa berlangsung sampai 9 jam, loh. Asap dari proses pembakaran kayu tersebut memiliki komponen kimia yang bisa membunuh bakteri dan jamur, loh. Jadi, walaupun tidak dimasak secara langsung dengan api, se’i aman untuk dikonsumsi oleh kita, brad.

Untuk 100 gram daging se’i mengandung protein sebanyak 32 gram. Selain protein, daging se’i juga mengandung lemak kira-kira sekitar 6 gram, zat besi 5 milligram, fosfor 300 milligram dan kalsium 15 miligram. Jadi, jika brad memakannya bersama dengan nasi dan sayuran sudah menyajikan gizi lengkap yang tubuh butuhkan.

Menyantap daging Se’i ini lebih nikmat jika dalam keadaan hangat, karena jika dingin daging Se’i akan mengeras dan yang pastinya Daging Se’i ini memiliki teman yang tidak boleh ditinggalkan, yaitu sambal lu’at. Sambal yang terbuat dari cabai yang di campur dengan jeruk nipis dan daun lua’at (hati-hati ya brad, sambal ini pedasss.

Hayo, pada ngilerkan pasti (sama kalau gitu sama mimin) hahaha… Tapi, mimin kasih tau nih ya, untuk mendapatkan dan menikmati daging Se’i ini, brad tidak perlu pergi jauh ke NTT terlebih dahulu, karena sudah banyak kedai Daging Se’i yang buka seperti di; Kedai Se’i Sapi Lamalera dan Se’i Sapi Marase berlokasi di Bandung di mana peminatnya kerap membludak. Untuk di Jakarta sudah ada sekitar lima kedai seperti, Se’i Sapi Narama, Se’i Sapi Salera, Se’imoo, Kokka Sikka, dan Se.ko.tak. Untuk di daerah Malang, se’i sapi disuguhkan oleh kedai Se’i Sapi Atambua, Se’i Sapi Mamtua, dan ChaCha Se’i Sapi Kupang.

Yuk, buruan cari kedai Daging Se’i di kota mu brad!

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK