NEWS
DETAILS
Senin, 15 Mar 2021 15:59 - Honda Community

Brader sedang jalan-jalan ke Kalimantan Selatan (Kalsel)? Mencari kuliner khas yang lezat? Coba nikmati salah satu kuliner khas di sana, Soto Banjar.

Soto ini merupakan soto khas Suku Banjar, Kalsel. Soto yang kaya akan rempah dalam bumbunya.

Ciri khas Soto Banjar berkuah bening dengan memakai bumbu rempah cengkih dan kapulaga yang tidak dihaluskan, hanya direbus, dan diambil sarinya.

Kuah tersebut dicampur aneka isian soto, seperti bihun, telur rebus, ayam kampung, serta taburan bawang goreng. Tak jarang kuah sotonya pun dicampur sedikit susu hingga menambah rasa gurih.

Bumbu dasar yang digunakan untuk hidangan Soto Banjar hampir mirip dengan olahan soto Nusantara lainnya. Yakni kuah kaldu, bawang merah, bawang putih dan lada.

Namun aroma Soto Banjar memiliki aroma khas dari cengkih dan kapulaga yang direbus bersamaan. Bedanya, campuran soto khas Banjar menggunakan perkedel kentang sebagai tambahan topping.

Soto Banjar biasanya dinikmati tidak dengan nasi, tapi dengan lontong. Orang asli Banjar biasa makan soto tersebut dengan ketupat atau lontong. Campuran kuah beningnya dan legitnya lontong serta taburan bawang goreng menjadi paduan yang pas untuk dinikmati.

Nama Soto Banjar sendiri diambil dari nama suku mayoritas yang mendiami wilayah Kalimantan Selatan yakni Suku Banjar. Namun sumber lain menyebutkan, konon Soto Banjar dibawa oleh tentara Demak ketika memberikan bantuan kepada Kerajaan Banjar.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK