Kamis, 07 Feb 2019 12:32
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Mengapa Ikut Pelatihan Safety Riding Itu Penting???

Kawan-kawan.... Mengendarai sepedamotor dengan aman dan selamat (safety riding) memang membutuhkan penguasaan teknik berkendara yang mumpuni. Hal tersebut tentunya harus dilandasi dengan perilaku berkendara yang baik dengan tetap mentaati peraturan berlalu lintas di jalan. Mengikuti pelatihan safety riding merupakan salah satu cara untuk para pengendara berlatih menguasai kendaraan ketika berkendara.

Setiap Main dealer selalu menggelar pelatihan safety riding bagi komunitas secera berkala. Pentingnya mengikuti pelatihan safety riding dimaksudkan juga untuk meminimalisir kecelakaan yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu saat berkendara di jalan raya.

Kurangnya pengetahuan menguasai kendaraan, bisa jadi salah satu penyebab kecelakaan di jalan. Catatan kecelakaan yang dimiliki oleh Korlantas Polri saat ini 73% kecelakaan yang terjadi di jalan melibatkan para pengguna sepeda motor. Faktor manusia atau 'human error' jadi faktor penyebab kecelakaan tertinggi. Faktor manusia bisa disebabkan oleh pelanggaran aturan berlalu lintas dan juga kurangnya pengetahuan bagaimana cara menguasai kendaraan di jalan.

Pelatihan safety riding jadi sarana yang baik, agar pengendara bisa mengetahui langkah-langkah bagaimana berkendara yang benar agar terhindar dari kecelakaan. Beberapa kategori pelatihan akan memberikan pengetahuan juga pengalaman bagi pengendara agar lebih siap sebelum memulai perjalanan dengan kendaraannya.

Terdapat dua kategori pelatihan safety riding, yaitu teori dan praktek. Dalam pelatihan teori diberikan materi pengetahuan dasar berkendara, materi seputar aturan berlalu lintas di jalan. Dalam pelatihan ini peserta diharapkan lebih waspada saat berkendara, memahami dasar-dasar berkendara dan bisa mematuhi aturan berlalu lintas.

Pada pelatihan praktek, peserta akan dihadapkan dengan materi pelatihan Braking, Slalom Course dan Narrow Plank. Di pelatihan Braking, peserta akan diajarkan teknik melakukan pengereman yang aman dan efektif. Pada Slalom Course peserta pelatihan diminta untuk menguasai pengendalian dan keseimbangan sepeda motor dengan melintasi area track khusus yang sudah dipersiapkan tanpa menyentuh garis batas dan menurunkan kaki.

Pada materi pelatihan Narrow Plank atau papan keseimbangan, merupakan materi pelatihan yang dirasa cukup sulit. Pasalnya, para peserta diminta melintasi sebuah lintasan titian yang dibuat dari plat logam dengan ukuran panjang 15 meter dan lebar 30 centimeter. Di papan keseimbangan ini para peserta harus menjaga keseimbangan mengendarai sepeda motor dengan lambat.

Berita Terkait

The Last of us
Senin, 19 Aug 2019 14:18
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Wujudkan Kebanggaan Terhadap Indonesia, Bikers Honda Rayakan HUT RI ke-74

The Last of us
Jumat, 16 Aug 2019 12:09
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Dua Wakil DAM Raih Juara Kontes Layanan Honda Nasional 2019

The Last of us
Jumat, 16 Aug 2019 08:05
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Instruktur Grup Main Dealer PT. DAM Raih Juara 2 Di Ajang AH-SRIC 2019 Medan

The Last of us
Kamis, 15 Aug 2019 13:08
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Fitur New Honda CB150R StreetFire Buat motor makin gagah dan Agresif

The Last of us
Rabu, 14 Aug 2019 12:56
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Tampilan Baru New Honda CB150R StreetFire Semakin Gagah

The Last of us
Selasa, 13 Aug 2019 12:53
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Balap Perdana di China, Pebalap Astra Honda Raih 3 Podium

The Last of us
Senin, 12 Aug 2019 12:32
Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Ini Dia Daftar Pemenang Kontes Layanan Honda Nasional 2019

INSTAGRAM
FACEBOOK