NEWS
DETAILS
Minggu, 15 Dec 2019 11:03 - Sumut Honda Bikers
Memperkuat komitmen kampanye keselamatan berkendara, Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) meresmikan Safety Riding Lab yang dibangun di SMK Panca Abdi Bangsa (PABA), Kota Binjai, Sumatera Utara pada Kamis (12/12). Safety Riding Lab ini merupakan wujud nyata Yayasan AHM dalam menyinergikan peran duta keselamatan berkendara yang merupakan siswa-siswi yang telah dibina PT Astra Honda Motor (AHM) sebelumnya.
 
Yayasan AHM telah mengembangkan Safety Riding Lab sejak 2018. Peresmian tempat edukasi keselamatan berkendara di Kota Binjai Sumatera Utara ini merupakan fasilitas ketiga yang dibangun Yayasan AHM. Lab ini memiliki beberapa bagian yang difungsikan secara komprehensif untuk memberikan kemudahan dalam menyampaikan dan menerima materi tentang keselamatan berkendara.  Safety Riding Lab ini dibagi menjadi tiga zona, yakni Zona Audio-Visual, Zona Simulasi dan Zona Praktik.
 
Zona Audio-Visual difungsikan sebagai sarana bagi siswa duta safety riding sekolah melakukan aktifitas. Mereka dapat menggunakan zona ini untuk ruang pembuatan blog dan pembahasan fotografi yang didapat pada setiap kegiatan safety ridimg Safety. Ruang ini diharapkan dapat mendorong siswa-siswi mampu menganalisa dan mendiskusikan problematika lalu lintas di Tanah Air, terutama di sekitar tempat tinggal maupun sekolah. 
 
Zona berikutnya adalah Zona Simulasi yang berdinding tiga dimensi layaknya di jalan raya. Area ini dilengkapi dengan media praktek berupa Honda Riding Trainer (HRT) dan perlengkapan berkendara secara aman. Para duta safety riding juga dapat semakin mempertajam ilmunya dengan membaca buku-buku referensi dan beberapa simulasi komponen sepeda motor yang disediakan disana. Selain itu terdapat pula Zona Praktek yang spesifikasinya mengacu pada Peraturan Kapolri no 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi (SIM). Zona ini berfungsi sebagai area praktik berkendara yang lengkap dengap tekstur berbagai kondisi jalan dan rambu-rambu lalu lintas.
 
Ketua Yayasan AHM I Putu Astawa menyampaikan Safety Riding Lab merupakan tahap lanjutan Yayasan AHM dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara. Dengan dukungan sarana prasarana yang komprehensif bagi para duta safety riding, kesadaran keselamatan berkendara diharapkan bisa semakin maksimal tersebar di generasi muda.
 
“Pembangunan Safety Riding Lab ini merupakan bentuk kepedulian Yayasan AHM dalam meningkatkan kesadaran kepada generasi muda akan pentingnya keselamatan berkendara di jalan. Sambutan yang baik dari masyarakat dengan dukungan siswa-siswi duta safety riding menjadi semangat kami untuk terus berinovasi dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara dengan cara yang menarik dan berdampak maksimal,” ucap I Putu Astawa.
 
Dalam Sambutannya Ir. H. Nirwansyah Nasution selaku Ketua Yayasan Pendidikan PABA Binjai mengungkapkan menjadi kebanggaan tersendiri bagi pihaknya dapat terpilih sebagai sekolah yang dipercaya menjalankan program Safety Riding Lab yang tentunya akan memberikan manfaat yang besar tidak hanya bagi anak-anak didiknya, namun juga bagi sekolah- sekolah lainnya dan masyarakat luas. “ Terima kasih kepada PT Indako Trading Coy dan juga Yayasan Astra Honda Motor atas kerjasamanya dalam program Safety Riding Lab di SMK PABA Binjai yang bertujuan melahirkan generasi muda yang  aktif dan responsif terhadap budaya aman berkendara di sekolah dan lingkungan di sekelilingnya, “ ujarnya.
 
Peresmian Safety Riding Lab  yang berlangsung di SMK PABA Binjai ini juga turut dihadiri Walikota Kota Binjai yang diwakili oleh Sekda Kota Binjai M. Mahfullah Pratama Daulay, S.STP.M.AP. Dalam sambutannya Beliau mengungkapkan bahwa Walikota Binjai sangat mengapresiasi program Safety Riding Lab yang digagas PT Indako Trading Coy bersama Yayasan Astra Honda Motor. “ Tujuan program Safety Riding Lab ini sangat sejalan dengan upaya pemerintah Kota Binjai dalam mewujudkan lalu lintas yang tertib dan aman, mengingat korban kecelakaan lalu lintas yang didominasi usia produktif 15-26 tahun. Pemerintah Kota Binjai tentunya sangat mendukung pelaksanaan program Safety Riding Lab di SMK PABA Binjai dan membuka kesempatan untuk bekerjasama guna mensukseskan program ini, “ ujarnya.
 
Sementara Leo Wijaya, Direktur PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan bahwa pembangunan Safety Riding Lab di SMK PABA Binjai merupakan salah satu bentuk kontribusi dan wujud nyata dari komitmen Honda dalam menciptakan keamanan berkendara di wilayah Sumut. “ Bersama sinergitas serta dukungan dari berbagai elemen masyarakat, kami meyakini, impian menjadikan keselamatan berkendara sebagai budaya dan gaya hidup masyarakat Sumatera dapat terwujud, “ ujar Leo Wijaya.
 
Bentuk kesinambungan kampanye program Safety Riding AHM diawali dengan program Sahabat Satu Hati Berbagi Ilmu Berkendara di Sekolah Satu Hati yang saat ini berjumlah 26. Pada sekolah-sekolah yang tersebar di provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Sumatera Utara, Honda mengukuhkan duta safety riding Sekolah Satu Hati. Program dilanjutkan dengan Safety Riding Camp yang melatih duta Safety Riding dalam kemampuan blogging dan fotografi sebagai media publikasi, sehingga para duta safety riding dapat menyebarkan virus keselamatan berkendara ke berbagai kalangan khususnya generasi muda.
 
Safety Riding Lab di SMK PABA Binjai ini merupakan bentuk kolaborasi antara Yayasan AHM, SMK PABA dan PT. Indako Trading Coy, yang merupakan Main Dealer sepeda motor Honda di Provinsi Sumatera Utara. Lab ini merupakan Safety Riding Lab ketiga setelah pada tahun sebelumnya Yayasan AHM meresmikan Safety Riding Lab SMK Mitra Industri MM2100 Cikarang Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat, kemudian di tahun 2018 Safety Riding Lab di SMK Walisongo Menes Provinsi Banten.
 
RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK