Kamis, 13 Feb 2020 08:57
Honda Bikers Aceh

Apa Itu Teknologi eSAF??

Honda memperkenalkan teknologi rangka baru untuk sepeda motor, disebut Enhanced Smart Architecture Frame ( eSAF). Saat ini, baru Honda Genio dan BeAT juga akan dilengkapi dengan rangka eSAF ini.

Apasih keunggulan dari teknologi rangka eSAF ini, berikut penjelasannya.

1. Lebih Ringan

Pembuatan rangka ini bukan lagi menggunakan pipa tetapi pelat baja yang ditekuk dan dipres, kemudian di las laser sehingga ada lipatan atau tulang di sisi-sisinya. Sebanyak 34 komponen dihilangkan dalam penggabungan ini, sehingga rangka tampak lebih simpel. Secara bentuk, rangka hanya terdiri dari rangka utama (underbone) dan tambahan dua tulang bagian belakang (sub frame). Karenanya, bobot rangka jadi lebih ringan 8 persen dibanding rangka skutik Honda sebelumnya.

2. Lebih Kuat dan Minim Deformasi

Meskipun lebih ringan, eSAF diklaim memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan rangka sebelumnya, karena menggunakan bahan steel atau baja.

3. Meningkatkan Kapasitas Tangki dan Bagasi

Rangka eSAF mampu memberikan pemanfaatan ruang yang semakin efisien, dalam hal ini adalah luas bagasi dan tangki bahan bakar. Bila membandingkan Honda Genio dengan BeAT, yang dimensi dan kapasitas mesinnya sangat mirip, luas bagasi Genio lebih besar 3 liter dan tangki bahan bakarnya berbeda 0,2 liter. Penggunaan rangka ini juga memungkinkan Genio dimasukkan mesin eSP generasi terbaru, 110 cc SOHC PGMFI. Mesin ini mampu merilis tenaga 6,6 kW pada 7.500 rpm dan torsi puncak di 9,3 Nm pada 5.500 rpm, serta kecepatan maksimum 94 kpj.

4. Efisiensi Bahan Bakar

Bobot kendaraan yang ringan berbanding lurus dengan konsumsi bahan bakar. Oleh sebab itu, penggunaan rangka eSAF mampu membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien.

Nah, itu keunggulan dari rangka eSAF. Semoga bermanfaat para bikers.

Berita Terkait

The Last of us
Kamis, 13 Feb 2020 08:57
Honda Bikers Aceh

Apa Itu Teknologi eSAF??

The Last of us
Rabu, 12 Feb 2020 07:58
Honda Bikers Aceh

Bagaimana Penggunaan RON Pada Motor?

The Last of us
Senin, 10 Feb 2020 15:26
Honda Bikers Aceh

Hadirkan Warna Baru, Skutik Besar Honda PCX Semakin Mewah

The Last of us
Selasa, 30 Jul 2019 09:32
Honda Bikers Aceh

Capella Honda Menggelar PCX Heritage Trip di Kota Meulaboh