Sabtu, 21 Mar 2020 19:21
Honda Bikers Pekanbaru

Ingin Restorasi Motor? Simak Tipsnya

Melakukan restorasi kendaraan, termasuk sepeda motor, menjadi pilihan tersendiri bagi sebagian orang. Sebab, ada yang merasa puas apabila memiliki tunggangan hasil modifikasi atau sejenisnya.

Pasalnya, untuk motor keluaran lama atau sudah lebih dari 20 tahun sangat sulit mendapatkannya dalam kondisi bagus atau istimewa. Sekalinya ada, harganya juga sudah sangat tinggi.

Sehingga, pilihan untuk melakukan restorasi banyak dilirik dan dijadikan alternatif untuk mencari kepuasan dalam mengoleksi tunggangan yang diimpikan. Tetapi, untuk melakukan restorasi tentunya tidak sekadar dilakukan dengan melengkapi sparepart yang kurang.

Harus ada beberapa persiapan yang dilakukan agar hasilnya bisa sempurna dan juga memuaskan. Sehingga, saat mengeluarkan uang banyak dan menyita waktu bisa tergantikan dengan hasil yang sempurna.

Ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin melakukan restorasi motor:

Cari Bahan Motor

Mencari motor yang akan direstorasi menjadi perhatian utama dalam pekerjaan ini. Salah seorang spesialis restorasi Nanang Wahyu K atau yang akrab disapa Tian Nk itu mengatakan, motor yang harus dijadikan bahan sebaiknya diketahui sejarahnya dulu.

“Kalau saya akan merestorasi, saya akan mencari motor dengan sejarah yang jelas. Bagaimana kondisi motor ini sebelumnya, semuanya bisa diketahui secara pastinya,” kata Tian.

Dengan mengetahui sejarah motornya, maka setidaknya bisa mengetahui kondisi motor yang akan direstorasi. Hasilnya juga akan lebih maksimal dan dapat menjadi kepuasan tersendiri.

Berburu Sparepart

Jika sudah mendapatkan motor yang akan dijadikan bahan, selanjutnya siapkan uang untuk membeli sparepart. Tian mengatakan, jika restorasi yang dilakukannya adalah dengan mengganti seluruh bagian motor.

Mulai dari bagian mesin, kaki-kaki, bodi, striping, baut dan lainnya. "Semuanya diganti dengan yang NOS (New Old Stock) bahkan untuk baut-baut juga saya carikan yang asli dan tidak sembarangan,” ucapnya.

Pembongkaran dan Perakitan

Tian mengatakan, sebelum melakukan pembongkaran sebaiknya dipastikan dulu apakah seluruh sparepart yang akan diganti sudah lengkap. Jangan sampai, saat motor akan dibongkar masih ada satu atau dua part yang belum lengkap.

Sehingga, justru bisa mengganggu pekerjaan atau saat melakukan perakitan. “Jika ini terjadi bisa saja mengganggu pengerjaan nantinya, jadi lebih baik sparepartnya lengkap dulu baru dilakukan restorasi,” ucapnya.

Untuk proses restorasi motor, Tian mengatakan, rata-rata membutuhkan waktu antara satu sampai dua bulan tergantung dengan tingkat kesulitannya. “Yang lama biasanya mencari onderdilnya, karena kadang harus memesan dari daerah lain atau bahkan dari luar negeri,” pungkasnya.

 

Sumber: Kompas.com

Berita Terkait

The Last of us
Rabu, 01 Apr 2020 21:32
Honda Bikers Pekanbaru

Honda Bakal Luncurkan CB-F Concept 2020

The Last of us
Sabtu, 21 Mar 2020 19:33
Honda Bikers Pekanbaru

Lakukan 3 Hal ini Agar Ban Motor Awet

The Last of us
Sabtu, 21 Mar 2020 19:21
Honda Bikers Pekanbaru

Ingin Restorasi Motor? Simak Tipsnya

The Last of us
Sabtu, 21 Mar 2020 18:39
Honda Bikers Pekanbaru

Ini Efeknya Jika Tarik Tuas Rem Pakai 4 Jari

The Last of us
Kamis, 19 Mar 2020 23:22
Honda Bikers Pekanbaru

Keseruan 80 Bikers di Pekanbaru Ikuti PCX Luxurious Ride 2020