Sabtu, 17 Oct 2020 07:20
Surabaya Honda Community

Salah kaprah pemakaian Lampu Hazard

Halo Cak bro, Kali ini kita akan membahas Lampu Hazard. Apa itu lampu hazard, apa kegunaannya dan kesalahan dalam pemakaiannya.

Lampu hazard atau biasa disebut dengan lampu tanda darurat adalah mode fungsi lampu eksternal pada mayoritas kendaraan bermotor yang dapat diaktifkan untuk membuat lampu sein kiri dan kanan berkedip secara bersamaan yang mengindikasikan bahwa adanya hal darurat atau pemberitahuan untuk berhati-hati kepada pengemudi-pengemudi lain di jalan (Wikipedia).

Penggunaan lampu hazard pada sepeda motor lebih sering terlihat saat konvoy atau touring. Sering kali para bikers yang touring atau konvoy akan menyalakan lampu hazard sebagai tanda bahwa rombongan atau komunitas yang sedang di jalan raya harus mendapat jalan.

Tentu saja, ini bertolak belakang dengan fungsi lampu hazard yang sesungguhnya. Banyak yang salah kaprah menggunakan lampu hazard. Mereka sembarangan menyalakan lampu hazard karena tidak mengerti apa fungsinya.

Akibat menyalakan lampu hazard sembarangan, bukan saja bikin pengendara lain silau, juga bikin bingung pengendara yang dibelakang.

Lampu hazard berfungsi sebagai Tanda atau isyarat ke pengendara lain saat kondisi darurat. Bekerja dengan cara mengedipkan dua lampu sein secara bersamaan, lampu hazard tidak boleh digunakan sembarangan.

Peraturannya bisa dilihat di Undang-Undang Republik Indonesia nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ pasal 121 ayat 1 yang berbunyi: "Setiap Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di jalan."

Seperti dijelaskan Divisi Humas Mabes Polri di akun Facebook resminya, ada 4 kesalahan yang sering dilakukan pengendara ketika mengoperasikan lampu hazard.

1. Menggunakan lampu hazard saat hujan. Memakai lampu hazard saat hujan tidak direkomendasi, karena malah akan mengaburkan fungsi lampu sein sebagai isyarat berbelok.

2. Menyalakan lampu hazard saat berjalan lurus di persimpangan. Hal ini juga salah, karena justru bisa membingungkan pengendara di belakang dan dari arah berlawanan.

3. Menggunakan lampu hazard saat berkendara di lorong atau terowongan.

4. Menggunakan lampu hazard saat kondisi berkabut. 

Untuk keamanan bersama, lebih baik pakai lampu hazard dalam kondisi darurat saja ya cak bro.

Contohnya ketika harus menepi di jalan karena motor mengalami trouble.

Berita Terkait

The Last of us
Jumat, 23 Oct 2020 11:00
Surabaya Honda Community

Ayo Rek nyanyi bareng di PCX Excellent Concert

The Last of us
Senin, 19 Oct 2020 16:59
Surabaya Honda Community

Sepatu Sampai Jebol, Perjuangan Alex Marquez Raih Podium MotoGP Aragon

The Last of us
Sabtu, 17 Oct 2020 07:20
Surabaya Honda Community

Salah kaprah pemakaian Lampu Hazard

The Last of us
Kamis, 15 Oct 2020 11:50
Surabaya Honda Community

Kegunaan dan Kapan Penggantian Cairan Pendingin (Water Coolant)