NEWS
DETAILS
Selasa, 09 Nov 2021 09:40 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Di Jawa Barat, para bikers Honda peserta Ekspedisi Nusantara mengunjungi salah satu kampung adat yang cukup terkenal di daerah Garut Jawa Barat yaitu Kampung Dukuh.

Kampung Dukuh adalah salah satu kampung adat yang ada di kota Garut tepatnya di Desa Cijambe, Kacamatan Cikelet yang didirikan oleh seorang ulama yang bernama Syekh Abdul Jalil.  Landasan budaya tersebut mempengaruhi dalam bangunan fisik serta adat istiadat masarakat Kampung Dukuh. 

Mata pencaharian utama masyarakat kampung dukuh adalah bertani. Model pertanian yang biasa di lakukan yaitu model pertanian lahan basah (sawah) dan pertanian lahan kering (huma atau berladang). Masyarakat kampung dukuh dalam bertani pada lahan basah (sawah) biasanya menggunakan lahan yang terletak pada pinggir-pinggir sungai, dan lahan yang dapat digunakan untuk cara bertani ini cukup sedikit.

Sedangkan untuk bertani pada lahan kering itu cukup luas, karena biasanya masyarakat adat kampung dukuh akan mebukah hutan untuk dijadikan lahan untuk berladang atau bertani. Karena lahan ini cukup luas. maka masyarakat biasanya banyak yang melakukan bertani pada lahan kering, yaitu seperti ngehuma,berladang. Selain itu juga masyarakat kampung adat dukuh sering memanfaatkan hutan sekitarnya, untuk memenuhi kekebutuhan hidup. Biasanya dimanfaatkan untuk mengambil kayu bakar, mengambil bahan untuk membuat rumah.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK