Kamis, 26 Mar 2020 09:03
Honda Community

Fariz Hadi Wibowo, Anggap Komunitas Sebagai Mitra

Brader yang berada di wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur, mungkin sebagian sudah mengenal nama Fariz Hadi Wibowo. Ya, pria ini memegang jabatan Person In Charge (PIC) Community di main dealer PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM).

Baginya dunia komunitas motor merupakan hal baru. Dengan mengawali karir pada November 2009, pria kelahiran 5 Desember ini pertama kali bergabung di divisi Honda Customer Care Center (HC3) MPM Jatim.

"Saat itu baru 3 minggu kerja sudah diajak atasan untuk menghadiri Honda Bikers Day pertama pada tahun 2009 di Pangandaran, Jawa Barat. Hanya mengandalkan peta dan penunjuk jalan saat itu, karena smartphone belum seperti sekarang. Dari situ saya pertama kali kenal komunitas Honda seperti apa," kata Fariz saat dihubungi hondacommunity.net

Meski bukan pertama kali beroganisasi, pria kelahiran Lumajang, Jawa Timur ini pernah bergabung dengan klub futsal yang cukup ternama di kota Malang dan komunitas suporter bola.

Dengan mengantongi sedikit pengalaman, lambat laun dirinya terus belajar hingga pada tahun 2016 pindah ke Divisi Marketing Communication & Development dengan jabatan Community Development Coordinator di MPM. Singkatnya dirinya bertugas menjembatani antara komunitas dan main dealer.

"Saya resmi jadi PIC Community tahun 2013, saat itu baru ada satu paguyuban honda yaitu Surabaya Honda Community. Sejak saat itu hingga kini saya berusaha membesarkan paguyuban sebagai fungsi pembinaan main dealer kepada komunitas, terutama di daerah dengan wilayah yang sangat luas," katanya.

Karena cakupannya yang cukup luas, MPM sendiri membaginya menjadi 3 area. Wilayah Jatim dipegang main dealer MPM Surabaya, Malang dan Blitar dipegang MPM Malang, dan wilayah NTT. Nah, Fariz menjadi kordinator dari ketiga area ini.

"Bagian besarnya kita punya 2 paguyuban yaitu Honda Community Jatim dan Komunitas Honda NTT. Dalam Honda Community Jatim sendiri kita membina 18 paguyuban Honda kota dan 23 Pengda Honda dari berbagai tipe. Kurang lebih ada 300-an komunitas Honda yang di dalamnya ada sekitar 7000-an member," jelasnya.

Bukan tugas mudah untuk merangkul teman-teman komunitas yang memiliki berbagai macam karakter dan kebiasaan tersebut. Namun, garis besarnya Fariz tetap berusaha menempatkan posisinya sebagai PIC Community.

"Begitu saya masuk jadi PIC Community, saya berusaha menggabungkan kemampuan sisi lain bikers selain berkomunitas seperti, membangun organisasi, menyalurkan hobi sampai enterpreneur," terang Fariz.

Dari banyaknya cara yang Fariz lakukan, pada sebuah komunitas beserta bagian-bagian di dalam yang ada di wilayah main dealer, Fariz menganggap semuanya sebagai partnership atau mitra.

"Berpartner itu harus bisa menguntungkan kedua belah pihak, hubungannya jangka panjang dalam segala hal (tidak putus sekadar event saja) serta saling berbagi," wanti Fariz.

Bukan cuma menganggap sebagai mitra dalam cakupan yang luas, untuk menjaganya Fariz juga tetap menjalin hubungan secara personal.

"Dari situ kita juga tetap selalu menjaga hubungan secara personal dengan paguyuban dan tidak melupakan para founder atau pendiri awal paguyuban. Kalau bahasa jawa-nya kita tetap "Nge-Wong ke...," ujar Fariz.

"Otomatis kita juga jadi "psikolog" dadakan, mendengar keluh kesah dari kanan kiri, tapi tetap harus bisa membuat paguyuban yakin bahwa kami selalu bisa jadi partner yang baik," lanjutnya.

Selama berkecimpung menaungi komunitas Honda khususnya di wilayah Jatim dan NTT, baginya semua pengalaman sangat menarik.

"Semua pengalaman dan kebersamaan dengan semua komunitas sama menarik. Salah satunya yang paling berkesan setiap penyelenggaraan Honda Bikers Day dengan tuan rumah Jatim. Kita melibatkan hampir semua paguyuban Honda Jatim, saya menganggap mereka yang mempunyai acara. Dari situ akhirnya hubungan antar paguyuban berjalan dengan erat," puas Fariz.

Salah satu kegiatan yang umum dilakukan komunitas yaitu touring. Nah, Fariz juga punya pengalaman seru dan lucu saat bersama komunitas.

"Pernah ikut touring paling rame, kita bareng-bareng dari Surabaya menggunakan 1000 motor Honda CB150R Streefire ke lokasi wisata Pantai Pulau Merah, Banyuwangi. Panjangnya bisa sampai 2 Km. Nah, kalau yang lucu biasanya pas adventure, mulai dari makan cuma berlauk krupuk, ketemu hal ghoib, sampai masuk jurang," girang Fariz.

Sekarang, Fariz bersama timnya di MPM membangun tagline untuk teman-teman komunitas Honda yang ada di Jatim yaitu #HondaCommunityJatimMbois, dimana setiap tahunnya punya makna sendiri.

"Tahun ini kita mengartikan mbois sebagai bikers yang update dalam mengikuti perkembangan teknologi dan fokus di media digital, tandas Fariz.

Berita Terkait

The Last of us
Kamis, 26 Mar 2020 09:03
Honda Community

Fariz Hadi Wibowo, Anggap Komunitas Sebagai Mitra

The Last of us
Minggu, 19 Jan 2020 14:06
Honda Community

Eko HBRC, Pilih Jadi Relawan Untuk Bantu Korban Banjir Lebak

The Last of us
Kamis, 19 Dec 2019 14:05
Honda Community

Brader Rangga, Banyak Pengalaman Jadi Bekal Pimpin PHOS

The Last of us
Senin, 09 Dec 2019 16:19
Honda Community

Brader Roni Sopandi, Ketua Terpilih IMHP

The Last of us
Senin, 09 Sep 2019 15:22
Honda Community

Agus "Apih" Suhendar, Ketua Umum IMHB periode 2019-2022