NEWS
DETAILS
Minggu, 25 Sep 2016 12:12 - Honda Community

Suatu barang jelas punya masa pakai, tidak terkecuali sebuah helm. Namun, tidak sedikit pengendara yang menggunakan satu helm dalam waktu yang sangat lama, bahkan lebih dari lima tahun. Kalau helm belum benar-benar rusak, tentunya masih saja tetap digunakan.

Jangan semata-mata hanya karena mengikuti aturan yang berlaku, jadi mengabaikan masa pakai helm. Pasalnya helm yang digunakan masih punya kemampuan melindungi kepala dengan baik atau tidak?

“Salah kaprah mengenai helm kerap terjadi di masyarakat, salah satunya menganggap helm bisa digunakan selamanya. Padahal pemikiran tersebut tidak benar,” ujar Irwan, Brand Technical Support Cargloss Proriders.

Komponen helm yang memiliki keterbatasan kemampuan yaitu pada bagian styrofoam, yang rata-rata usia maksimalnya lima tahun. Selain cangkang helm (lapisan terluat helm yang keras), styrofoam juga punya peranan penting untuk melindungi kepala ketika mengalami benturan.

“Kalau sudah lebih dari lima tahun, sifat styrofoamnya tidak absord (meredam benturan), sehingga membuat kepala akan alami cedera serius. Tapi kalau masih muda usia styrofoanya, kemampuannya masih elastis, dan cukup baik dalam meredam benturan,” tandas Irwan.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK