NEWS
DETAILS
Jumat, 20 Mar 2020 10:20 - Honda Community Jawa Timur

Dunia sedang dilanda wabah Corona atau COVID-19. Salah satu cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus corona  adalah social distancing atau menjaga jarak antara satu dengan yang lain.

Dengan menjaga  jarak ini bisa mencegah orang sakit melakukan kontak dalam jarak dekat dengan orang lain hingga mengurangi peluang penularan virus. Pencegahan bisa dilakukan.

Menjaga jarak ini juga sangat penting dalam berkendara. Antara pemakai jalan yang satu dengan yang lain menjaga jarak yang aman untuk Cari_Aman.

Demikian juga para bikers di klub atau komunitas yangbiasa melakukan turing bersama, penting jaga jarak aman agar lancar perjalanannya.

Sebab menjaga jarak dengan pemakai jalan lain ini bertujuan mulia. “Menjaga jarak ketika berkendara ini untuk menghindari kecelakaan antar pengendara satu dengan yang lainnya. Menghindari area blindspot kendaraan. Memberikan ruang gerak antar pengendara yang satu dengan yang lain. Meningkatkan rasa aman dan nyaman antar pengendara satu dengan yang lain,” kata Hari Setiawan selaku instruktur Safety Riding MPM distributor.

Jaga  jarak berkendara dengan pemakai jalan di sekitar. “Jarak aman dengan pengendara di depan 3 detik dengan kecepatan normal 40 km/jam,” tambah Hari.

Ke pemakai jalan di samping kanan maupun kiri juga penting jaga jarak. “Jarak dengan pemakai jalan di samping kanan dan kiri minimal 1 meter,” ujarnya.

Tanpa ada jarak atau jarak antar pemakai jalan mepet mengundang bahaya. Tidak ada ruang untuk gerak.

Dengan pemakai jalan di depan ketika tidak ada jarak yang aman bisa menabrak. Contohnya saat pemakai jalan di depan melakukan pengereman mendadak, tidak cukup ruang yang aman untuk melakukan manuver atau menghentikan jalannya motor. Brak… ..akhirnya tabrakan terjadi. Rugi deh.

Demikian juga dengan pemakai jalan di samping. Ketika jarak minim, maka resiko bersinggungan ketika melakukan manuver dalam berkendara besar.

Senggolan dengan pengendara atau pemakai jalan ini bisa mengurangi keseimbangan hingga menyebabkan jatuh. Ujung-ujungnya rugi juga.

Untuk itu jaga jarak penting dalam berkendara buat Cari_Aman.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK