NEWS
DETAILS
Selasa, 30 Jun 2020 20:45 - Surabaya Honda Community

Pembatasan Sosial Berskala Besar telah selesai dilaksanakan dan pemerintah tidak memperpanjang lagi sehingga sekarang dimulailah apa yang disebut dengan era New Normal.

Untuk itu pemerintah menerapkan beberapa protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh masyarakat.

Berkaitan dengan kendaraan bermotor maka ada beberapa hal wajib dipatuhi perihal protokol kesehatan oleh pengendara dalam melakukan aktivitas berkendara di jalan.

Pada saat new normal, pengendara kendaraan bermotor dituntut untuk tetap safety riding dan menyesuaikan dalam tata cara berkendara, khususnya riding gear yang harus digunakan.

Menurut Yudistira, instruktur Safety Riding PT. MPM Honda Jatim, ada beberapa tips aman dan sehat saat berkendara yang dapat dilakukan di saat diberlakukannya New Normal oleh pemerintah.

Tips aman berkendara dalam rangka new normal menurut Yudistira adalah sebagai berikut ;

1. Menggunakan masker Ketika keluar, pengendara motor disarankan memakai masker "medis". Namun, karena masker ini langka dan hanya digunakan untuk tim kesehatan, bisa pengendara pakai masker berbahan kain dg 3 lapis . Selain itu, hindari pergi ke tempat-tempat ramai. Pemakaian masker ini juga dimaksudkan supaya debu, kotoran (virus bakteri) tidak masuk ke paru-paru melalui hidung

2. Gunakan sarung tangan yang full , bukan yang kelihatan jarinya. Selain untuk mencegah sentuhan langsung, juga lebih aman. Lalu hindari menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci.

3. Gunakan Helm Fullface Selain untuk keselamatan, helm berstandar SNI ini melindungi bagian kepala dan dilengkapi dengan kaca pelindung. Penggunaan kaca pada helm SNI ini juga bisa mencegah debu dan virus yang ada di jalan.

4. Selalu sedia hand sanitizer saat berkendara kemudian cuci tangan setiap berhenti dan saat setelah melepas sarung tangan agar tetap menjaga kebersihan tangan saat menyentuh benda-benda yang lain.

5. Selalu jaga jarak disetiap tempat pemberhentian dan menghindari kerumunan massa.

6. Menjaga daya tahan tubuh dengan makan secara teratur dan mengonsumsi suplemen, khususnya vitamin C

SumberPoto:  https://www.instagram.com/p/CBh_W9nFJqu/?igshid=196zimo0sfysd

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK