NEWS
DETAILS
Jumat, 01 Jan 2021 10:29 - Honda Community

Musim hujan diperkirakan makin meningkat dan akan mencapai puncaknya di bulan Januari sampai dengan Februari 2021. Sehingga, banyak aktivitas bikers yang akan terdampak dengan musim penghujan ini, terutama mobilitas dengan menggunakan kendaraan sepeda motor.

Perlu dipahami bahwa ketika hujan dan setelah hujan menyebabkan kondisi permukaan ban dan aspal dilapisi oleh air. Sehingga cengkraman ban ke aspal saat kondisi basah tersebut tidak sempurna dibandingkan saat kering. Terlebih saat melewati genangan, bisa menyebabkan permukaan ban naik ke atas permukaan air.

Sehingga ketika harus berkendara di kala hujan dianjurkan untuk memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Berkendara dengan kecepatan rendah saat melewati genangan sehingga memberi waktu ban itu bisa membelah air dan mengalirkan air keluar jalur ban. Gunakan gerakan lembut dan teratur tetap dengan kecepatan rendah untuk melalui jalanan basah agar ban tidak mudah kehilangan grip karena licin.

2. Periksa tekanan ban sepeda motor, pastikan sesuai dengan standar agar alur ban berfungsi untuk membelah dan mengalirkan air sempurna.

3. Ganti Ban jika sudah masanya, periksa TWI (Tread Wear Indicator). Alur ban ini sangat berfungsi sebagai saluran untuk mengalirkan air.

Dari pengetahuan tersebut sehingga melakukan pengereman saat hujan, tipsnya sebagai berikut:

1. Merencanakan saat akan melakukan pengereman. Sehingga prediksi keadaan di depan menjadi sangat penting. Perlu diketahui bahwa pengereman akan membutuhkan jarak Panjang dan waktu. Sehingga dalam berkendara dalam kondisi hujan selalu mempertimbangkan jaga jarak dan waktu untuk mengerem

2. Teknik pengereman jika hanya digunakan untuk memperlambat kecepatan yang selisihnya tidak banyak disarankan menggunakan rem belakang saja, jika kurang kuat gunakan rem depan. Dan seluruh proses tersebut harus dilakukan dengan halus tidak boleh mendadak apalagi ekstrim.

3. Hal tersebut diatas akan sempurna membantu anda tetap stabil dan aman dalam perjalanan jika melakukan pengendaraan di kecepatan rendah.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK