NEWS
DETAILS
Rabu, 27 Dec 2023 10:42 - Sumut Honda Bikers

Jelang datangnya liburan akhir tahun, pilihan untuk melakukan perjalanan menggunakan motor menuju destinasi menarik bersama teman, keluarga dan orang tercinta menjadi salah satu pilihan. Namun sebelum touring dimulai, ada baiknya melakukan beberapa pengecekan dan persiapan agar perjalanan tidak hanya menyenangkan, tapi juga aman dan nyaman.

 

Sofiyan Hazri, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara dengan semangat Satu Hati mengungkapkan, bahwa melindungi keselamatan dengan #cari_aman harus menjadi fokus utama setiap kali berkendara dengan motor di jalan. Seperti halnya ketika akan touring dengan motor kesayangan pada saat menikmati liburan akhir tahun, tentunya ada sejumlah hal penting yang harus dilakukan dan dipersiapkan para pengendara.

 

Pertama, touring menggunakan sepeda motor umumnya ditempuh dengan jarak yang lumayan panjang. Maka dari itu, penting bagi pengendara memiliki stamina & fisik yang prima. Lakukan olahraga ringan, setidaknya satu pekan sebelum touring. Persiapan ini juga harus diimbangi dengan pola makan dan istirahat cukup. Selain itu, tak ada salahnya memanfaatkan multi vitamin untuk mengoptimalkan kondisi fisik.

 

Kedua, sebelum touring, wajib mengecek kondisi sepeda motor secara mandiri, seperti halnya mengganti oli mesin untuk mendapatkan tenaga yang optimal, pengecekan fungsi rem, kondisi ban dan kelistrikan. Namun untuk pemeriksaan secara menyeluruh, tentunya akan lebih baik jika pengendara mempercayakan kepada ahlinya dengan mengunjung bengkel resmi AHASS terdekat.

 

Ketiga, para pengendara mempersiapkan perlengkapan yang wajib dikenakan seperti helm full face sehingga memiliki unsur keselamatan yang lebih baik. Selain itu untuk jaket baiknya memilih model dan bahan yang nyaman, begitu pula dengan sarung tangan guna meminimalisir cedera ketika terjadi insiden di jalan, tidak lupa juga membawa jas hujan yang model setelan (celana & jaket) mengingat akhir tahun curah hujan sangat tinggi.

 

Keempat, untuk kelancaran touring, sangat penting melengkapi barang bawaan dengan toolkit set sederhana misalnya kunci pas yang umum dipakai di motor. Termasuk juga alat penambal ban untuk mengantisipasi jika mengalami bocor ban di lokasi yang jauh dari bengkel.

 

Kelima, dengan mengenali rute perjalanan, maka pengendara dapat menentukan rute terbaik yang ingin dilalui sekaligus dapat mengestimasi waktu perjalanan dan istirahat yang disarankan dilakukan maksimal setiap 2 jam berkendara.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK