NEWS
DETAILS
Rabu, 20 Jan 2016 13:45 - Honda Community

Fitur ABS (Anti-Lock Braking System) adalah salah satu fitur pendukung keselamatan pada sistem pengereman. Seperti bro/sis ketahui, bahwa situasi lalu lintas di jalan terkadang tidak dapat diprediksi. Dan hal-hal yang memaksa bro/sis untuk melakukan pengereman seketika bisa saja terjadi.

Makanya sekarang para ATPM banyak mengaplikasikan teknologi tersebut pada produk sepeda motor terbarunya, tidak terkecuali Honda. Seperti yang terdapat di CBR250R. Tapi tahukah bro/sis cara kerja peranti ini? Biar lebih jelas silahkan simak lebih lanjut.

Teknologi ini, bekerja berdasarkan data sensor ABS yang letaknya berada di dekat bidang pengereman. Ketika sensor ABS tersebut mendeteksi ada roda yang mengunci, secara otomatis sensor tersebut akan mengirimkan sinyal ke modulator. Modulator itu kemudian memerintahkan piston rem untuk mengendurkan tekanan fluida atau minyak rem dari kaliper dalam kondisi tertentu. Sebaliknya, tekanan akan kembali naik dan normal ketika penguncian berkurang.

Proses pengurangan, penahanan, dan peningkatan tekanan fluida ini, berlangsung sangat cepat, yaitu sekitar 15-50 kali per detik. Sehingga roda tidak akan terkunci saat terjadi pengereman mendadak. Makanya, Anti-Lock Braking System teknologi kurangi kecelakaan dan berguna banget pengendara yang suka mengalami pengereman mendadak atau panic brake.

foto: motorplus-online.com

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK