NEWS
DETAILS
Kamis, 07 Apr 2016 17:25 - Honda Community

Piringan cakram atau disc brake kerap jadi korban dari pemakaian kampas rem yang memiliki material keras atau akibat malas ganti kampas. Efeknya permukaan piringan jadi tidak rata atau bergelombang. Terkadang hal seperti ini juga membuat performa rem tidak bekerja sempurna, mulai dari ndut-ndutan, bunyi dan jika terus dibiarkan malah bisa merusak komponen pengereman.

Disc brake punya batas ketebalan minimum dari ukuran awal. Artinya, kalau lebih tipis dari batas tadi, sebaiknya diganti. Apalagi masing-masing tipe motor punya ketebalan berbeda-beda. Tapi, umumnya ketebalan cakram minimal berkisar 3 mm.

Namun walau sudah tergerus tetapi masih dalam batas wajar, bisa kok dibubut. Tujuannya agar permukaan disc yang berkontur kembali rata. Untuk itu, coba ukur ketebalan piringan.

Maksimal berkurang 0,5 mm dari ketebalan awal. Jika masih mungkin dipapas, maka pilih dengan mata bubut yang besar dulu. Tujuannya supaya lebih cepat rata dan merupakan tahap awal menangani masalah cakram borgelombang.

Kalau sudah agak rata, minta sama tukang bubut untuk lanjut gunakan mata bubut yang halus. Tujuannya lebih ke finishing dan agar hasil benar-benar kembali rata. Jika sudah rata, piringan bisa kembali digunakan.

Tapi, ingat! Setiap piringan punya batas ketebalan minimum. Kurangnya jangan lebih dari 0,5 mm dari standar ya. bisa nggak pakem nanti.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK