NEWS
DETAILS
Senin, 20 Jun 2016 16:05 - Honda Community

Mungkin tidak sedikit bro/sis Honda Community yang belum tau atau bertanya tentang material mur-baut, sekrup dan lainnya. Tambah bingung karena warnanya berbeda-beda. Jika dicermati dari tampilan luar ternyata material bisa dikenali lewat warnanya.

Umum yang dipakai di motor atau dijual di pasaran, baut warna agak gelap biasanya dari baja hitam. Material ini diyakini lebih kuat dari bahan lain. Untuk baut silinder head atau kruk as. Karena lebih tahan panas mesin dan tidak gampang memuai.

Selain baja hitam, bahan baut atau mur ada yang dari besi biasa. Secara kasat mata mengkilap seperti dikrom. Menurut Wahyu, pedagang baut dan mur dari kios Jaya Baut di Jl. Raya Kukusan, Depok ini, material besi biasanya dapat sentuhan akhir. Namun lama kelamaan terlihat memudar dan karatan.

Kalau yang agak kekuningan bukan berarti material pembuatnya dari kuningan. "Itu cuma sepuhan, termasuk yang warnanya agak krom. Kalau material baja lebih kuat ketimbang besi, hal itu karena proses bikinannya melalui tahap pengecoran dalam kondisi baja masih cair lalu didinginkan. Sehingga tidak ada rongga," pungkas Wahyu.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK