NEWS
DETAILS
Rabu, 21 Mar 2018 10:13 - Honda Community

Mud guard atau kepet penghalau debu dan kotoran yang terpasang pada ujung sepatbor belakang jarang sekali ditemui di motor terbaru. Padahal saat musim hujan datang, peranti yang terbuat dari karet ini sangat ideal buat menangkis cipratan dari putaran ban.

Memang desain sepatbor pada motor-motor baru sudah diatur kemiringannya agar cipratan air bisa direndam. Tapi pada kenyataanya tetap saja cipratan debu yang bercampur air hujan mengotori areal bodi motor. Apalagi sepatbor depan bikin bagian mesin jadi berlumur lumpur.

Belajar dari masalah itu akhirnya Deden coba menyiasatinya dengan memasang kepet tambahan pada bagian belakang ujung sepatbor.

Kepet ini biasanya optional yang dipakai pada motor lawas macam Honda CB, materialnya dari bahan karet.

Lantaran hanya diaplikasi saat musim hujan, pemasangannya model knock down. Jadi, saat pemasangan kepet hanya dijepit dengan dua binder klip yang dimensinya kecil. Itu lho penjepit kertas. Jadi, tidak harus melubangi sepatbor untuk pasang baut pengikat kepet.

Pemasangan kepet ini bikin kotoran yang bercampur lumpur tidak terlalu banyak mengotori areal mesin.

Paling penting jadi tidak menggangu pengendara motor yang ada di belakang kita. Karena cipratan air dari ban tidak sampai ke muka seperti yang dihasilkan sepatbor standar.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK