NEWS
DETAILS
Jumat, 05 Apr 2019 11:43 - Honda Community

Kawan-kawan.... Banyak pemotor yang tidak terlalu memperhatikan posisi kaca spion, yang penting terpasang dan bisa melihat sisi belakang saja dirasa cukup. Padahal kita juga perlu mengetahui bagaimana posisi kaca spion yang tepat agar jarak pandang sisi belakang motor bisa lebih optimal.

Titik buta alias blind spot sepeda motor memang lebih sedikit jika dibandingkan dengan mobil, tapi bukan berarti kita bisa menyepelekan spion kawan-kawan.

Umumnya pemotor akan memposisikan spion secara simetris dan dengan sudut yang sempit, saking sempitnya hingga objek di belakang sepeda motor tertutupi dengan siku.

Memposisikan kaca spion dengan sudut yang sama, hanya membuat 'gambar' yang sama juga sehingga pandangan dari kaca spion tidak optimal.

Idealnya posisikan kaca spion dengan sudut kemiringan yang berbeda antara spion kiri dan kanan, dengan tujuan membuat pandangan overlap yang artinya titik buta jadi semakin berkurang.

Kaca spion sisi kanan, sebaiknya menciptakan visual yang lebih luas, karena kendaraan lain akan mendahului dari sisi kanan.

Sementara kaca spion sebelah kiri, harus bisa membantu sudut pandang kaca spion sisi kanan agar sudut pandang kedua kaca spion jadi lebih lebar.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK