Minggu, 12 May 2019 20:48
Honda Community

Fungsi Nyata Radiator

Kawan-kawan.... Tahu dengan sebuah alat yang dinamakan radiator??? Radiator adalah alat penukar panas yang digunakan untuk memindahkan energi panas dari satu medium ke medium lainnya yang tujuannya untuk mendinginkan maupun memanaskan. Radiator yang kita kenal pada umumnya digunakan pada kendaraan bermotor (roda dua atau roda empat).

Pada kendaraan baik motor atau mobil radiator pada umumnya terletak di depan dan berada didekat mesin atau pada posisi tertentu yang menguntungkan bagi sistem pendinginan. Hal ini bertujuan agar mesin mendapatkan pendinginan yang maksimal sesuai yang dibutuhkan mesin. radiator terdiri dari tangki air bagian atas (upper tank), tangki bagian bawah (lower water tank) dan radiator core pada bagian tengahnya.

Tidak cuma mobil saja yang menggunakan radiator, motor masa kini juga telah dilengkapi dengan komponen tersebut. Fungsi radiator pada sepeda motor adalah sebagai komponen pendingin agar performa kuda besi tetap tinggi sekaligus efisien.

Secara garis besar, fungsi radiator pada sepeda motor memang sebagai pendingin mesin. Panas yang dihasilkan mesin akan diserap cairan atau radiator coolant yang bersirkulasi lewat water jacket di silinder dan kepala silinder. Lalu, cairan panas ini akan didorong (disedot) menuju radiator. Di komponen yang terbuat dari banyak pipa kecil ini, cairan akan tersebar. Karena banyak sirip yang dilalui angin, maka suhu otomatis turun. Kemudian, cairan yang sudah didinginkan akan berputar kembali ke dalam mesin.

Namun, agar suhu mesin tetap optimal, ada di kisaran 89-90 derajat Celcius, maka dibutuhkan komponen tambahan. Pertama, thermostat, komponen yang ibarat gerbang untuk cairan di saluran. Jika suhu mesin masih terlalu dingin, maka cairan tak bersirkulasi ke radiator. Jika suhu meningkat, baru membuka, sehingga bisa didinginkan di radiator.

Jika cairan sudah bersirkulasi namun suhu tetap tinggi, maka kinerja radiator akan dibantu extra fan atau kipas tambahan. Fungsinya, tentu untuk menyedot udara dari depan radiator, sehingga pendinginan bisa berlangsung. Biasanya, kipas tambahan ini bekerja saat motor terjebak di kemacetan ketika tak ada hembusan angin.

Berita Terkait

The Last of us
Rabu, 30 Oct 2019 15:55
Honda Community

Perhatikan Rumah Kunci Agar Tak Cepat Dol

The Last of us
Selasa, 29 Oct 2019 15:41
Honda Community

Cegah Mesin Alami Panas Berlebih Atau Overheat

The Last of us
Minggu, 27 Oct 2019 15:21
Honda Community

Ketahui Tanda Switch Starter Bermasalah

The Last of us
Sabtu, 19 Oct 2019 14:32
Honda Community

Jangan Sepelekan Masker Untuk Berkendara

The Last of us
Rabu, 16 Oct 2019 15:09
Honda Community

Jaga Sistem Pendinginan, Jangan Pakai Air

The Last of us
Jumat, 11 Oct 2019 13:38
Honda Community

Periksa Kelistrikan, Agar Tetap Aman dan Tentram Di Jalan

The Last of us
Sabtu, 05 Oct 2019 10:40
Honda Community

Teknologi dan Keungulan AHM Oil

INSTAGRAM
FACEBOOK