NEWS
DETAILS
Kamis, 16 Jan 2020 11:33 - Honda Community

Mitos merupakan salah satu kebiasaan yang salah kaprah dan tersebar di masyarakat sehingga sebagian masyarakat menganggap benar kebiasaan tersebut.

Di kalangan pengendara motor pun juga begitu, ada banyak sekali mitos yang tersebar di kalangan para pengendara sepeda motor. Mitos di kalangan pengendara motor ini juga sering menghantui beberapa pengendara yang cukup percaya dengan mitos – mitos tersebut.

Biasanya mitos ini terbentuk dari fakta yang ada di beberapa tahun sebelumnya, namun karena perkembangan teknologi dalam dunia otomotif, fakta tersebut menjadi tidak relevan dan menjadi sebuah mitos yang berkembang di kalangan pengendara sepeda motor.

Nah, coba kita lihat mitos yang paling sering menghantui pengendara sepeda motor.

Pada Masa Inreyen Sepeda Motor Tidak Boleh Dikendarai Dengan Kecepatan Tinggi

Mitos ini merupakan sebuah fakta yang memang terjadi di jaman dahulu, di masa sepeda motor masih kebanyakan menggunakan teknologi 2 Tak. Masa Inreyen merupakan masa penyesuaian mesin yang terjadi pada sepeda motor baru.

Masa inreyen pada kendaraan sepeda motor 2 tak sedikit berbeda dengan kendaraan jaman sekarang. Di jaman sekarang kendaraan pada masa inreyen sudah bisa digeber dengan kecepatan tinggi. Yang tidak dianjurkan adalah membuka gas secara mendadak karena bisa menyebabkan penyesuaian mesin berjalan tidak maksimal.

Menghidupkan Mesin Di Pagi Hari Harus Menggunakan Kick Starter

Awal mula dari mitos ini adalah sepeda motor yang dibuat dibawah tahun 2000 an masih memiliki sistem kelistrikan yang belum secanggih sekarang. Pada masa tersebut aki yang digunakan harus diisi terlebih dahulu dengan nyala mesin pada sepeda motor agar aki bisa awet dan tahan lama.

Menggunakan kick starter pada pagi hari berfungsi untuk membuat aki lebih awet dan tahan lama. Tapi di sepeda motor sekarang teknologi aki dan kelistrikan sudah berkembang pesat, sehingga kamu tidak usah memakai cara tersebut untuk merawat aki.

Memanasi Mesin Dalam Waktu Lama

Berbicara mengenai melakukan pemanasan mesin tentunya kita juga memperhatikan waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan mesin. Untuk teknologi mesin injeksi tentu tidak usah lama – lama cukup dengan waktu 1 menit, kondisi mesin sudah dalam kondisi siap digunakan.

Tapi untuk teknologi sepeda motor dengan karburator, mungkin memang membutuhkan waktu yang agak lebih lama karena pengapian di mesin karburator tidak seefektif mesin injeksi.

Ban Baru Jangan DiIsi Tekanan Yang Seharusnya

Sampai sekarang mitos yang satu ini belum jelas datangnya darimana. Dari pengamatan kami, mungkin karena ban baru terlihat licin dan masih halus, agar tidak mudah terpeleset baiknya dikempesin.

Mitos ini sangat salah dan sangat berbahaya jika dilakukan. Keadaan ban yang kempes menyebabkan jalannya kendaraan sepeda motor tidak berjalan semestinya, malahan bisa menyebabkan sepeda motor terjatuh. Belum lagi ban kempes sangat berpengaruh kepada keawetan ban, karena malah akan merusak permukaan ban.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK