NEWS
DETAILS
Senin, 30 Mar 2020 15:47 - Honda Community

Ban jadi salah satu komponen sepeda motor yang paling penting, ban jadi tumpuan sepeda motor Brader di jalan raya. Tak sedikit biker yang memodifikasi ban sepeda motor mereka dengan mengganti pelek atau ukuran ban itu sendiri. Apalagi untuk kamu yang mau memodifikasi motor old Scoopynya dengan ban lebar biar tampilannya seperti New Honda Scoopy.

Kalau dulu Brader banyak melihat modifikasi ban menjadi lebih kecil, sekarang ini sedang banyak biker yang memodifikasi ukuran ban mereka menjadi lebih besar.

Banyak biker yang beranggapan kalau ban sepeda motor lebih besar dari ukuran aslinya ini memiliki daya cengkram yang lebih kuat di jalan raya, tapi sayangnya masih banyak biker yang hanya mengganti ukuran ban tanpa mengganti ukuran pelek. Nah, berikut ini patokan untuk Brader yang mau mengganti ukuran ban menjadi lebih besar:

Ukuran Maksimal

Perhatikan ukuran maksimal selisih antara ban dan pelek sepeda motor Honda Lovers. Misalnya untuk ban ukuran 100/90, Brader bisa menggunakan pelek ukuran 2,75”. Sedangkan untuk ukuran ban 120/70, Brader bisa menggunakan pelek ukuran 3,25”.

Jangan Dipaksa

Kalau Brader mau mengganti ban menjadi lebih besar, sebaiknya kamu juga mengganti ukuran pelek yang sesuai. Jangan sampai kamu memaksakan untuk menggunakan ban lebih lebar tanpa mengganti peleknya karena bisa menurunkan daya cengkram ban di jalan raya.

Perhatikan Jarak

Sebaiknya kamu memperhatikan jarak antara ban bagian terluar dengan rantai sebelum menentukan ban mana yang akan dipilih Brader. Selain itu, perhatikan juga lebar lengan ayun dan gear belakang untuk menyesuaikan ukuran ban yang berubah  menjadi lebih besar.

Mengganti ukuran ban menjadi lebih besar ini sah-sah saja untuk dilakukan, tetapi sebaiknya kamu memperhatikan patokan untuk mengganti ukuran ban. Ban yang proporsional dengan ukuran pelek akan membuat kamu lebih nyaman dan aman saat berkendara.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK