NEWS
DETAILS
Sabtu, 08 Aug 2020 15:00 - Honda Community Jawa Timur

Busi part motor yang bentuknya kecil tapi memiliki peran penting. Fungsinya sebagai pemercik api di ruang bakar tak bisa dianggap remeh, karena bila kondisinya sudah tidak baik maka otomatis bisa mempengaruhui performa kerja mesin.

Untuk mengetahui mesin motor sehat atau tidak, bisa dilihat dari warna pada busi.

Berikut deteksi busi dari warnanya.

1. Warna abu-abu atau merah bata.

Busi dengan warna merah bata atau abu abu menandakan kondisi busi normal dan baik.  Campuran bahan bakar dan udara seimbang (sesui kebutuhan kami pembakaran Secara kimia), Proses pembakaran optimal dan efisien. Motor bertenaga & hemat bahan bakar.

2. Warna Hitam dan Kotor.

Untuk busi yang warnanya hitam dan kotor menandakan adanya campuran udara dan bensin tidak seimbang. Campuran tersebut terlalu banyak bahan bakar (campuran kaya/campuran basah).

Kotoran atau lapisan karbon sisa pembakaran yang menempel bisa bikin mesin susah untuk dinyalakan. Akibatnya mesin kurang bertenaga & konsumsi bahan bakar menjadi boros.

3. Warna memutih.

Warna busi putih menandakan bahwa campuran udara dan bensin didalam busi lebih banyak udaranya (campuran miskin/campuran kering). Motor akan lebih cepet panas. Sehingga konsumsi BBM menjadi boros dan akselerasi motor juga mengalami penurunan. Periksa system pengabutan bahan bakar/lakukan Tune Up/service lengkap &  Segera ganti busi.

4. Busi Aus.

Elektroda busi yang aus menyebabkan percikan api menjadi lemah, kondisi ini menyebabkan pembakaran menjadi kurang optimal. Segera ganti busi.

5. Warna Hitam dan basah olie.

Kondisi ini biasanya ditandai motor menghasilkan knalpot mengeluarkan asap putih. Hal itu disebabkan indikasi oli masuk ke ruang bakar karena ring piston sudah lemah atau liner piston yang baret.

" Apabila sudah aus dan waktunya diganti, segera ganti agar motor kesayangan awet. Dan jika mengalami kesulitan segera hubungi AHASS  terdekat untuk pergantian busi, hanya 5 menit tanpa antri. " kata Satyo Prahnowo selaku Technical Service Division Head MPM Honda Jatim.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK