Sabtu, 17 Oct 2020 08:21
Surabaya Honda Community

Persiapan Touring, Apa saja yang Harus Diperhatikan dan Dilakukan

Halo Cak bro,

Bagi para pecinta sepeda motor, khususnya para biker komunitas motor, touring menjadi sebuah kegiatan yang wajib dilakukan.

Pada beberapa komunitas motor, touring juga jadi sebuah agenda kegiatan yang wajib. Touringpun bisa dilakukan dengan tidak berkelompok alias single touring.

Nah, sebelum Cak bro sekalian melakukan perjalanan jauh atau touring ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti barang-barang yang wajib dibawa dan apa saja yang digunakan saat touring.

Berikut hal-hal yang perlu Cak bro sekalian persiapkan sebelum melakukan perjalanan jauh atau touring.

1. Surat kendaraan,  Salah satu hal penting dalam persiapan touring adalah mempersiapkan surat-surat kendaraan, seperti  Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan surat-surat wajib yang harus dibawa saat melakukan perjalanan jarak jauh. Lain halnya jika melakukan touring lintas Negara terdapat beberapa surat-surat yang juga harus dipersiapkan seperti SIM Internansional, Paspor dan Carnet.

2. Apparel, Untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan selama perjalanan, penggunaan apparel harus diperhatikan sedetail mungkin untuk persiapan touring seperti helm, gunakan helm dengan tipe fullface hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi cedera kepala berat saat terjadi kecelakaan. Selain itu helm juga dapat mencegah terpaan angin yang bisa saja menimbulkan berbagai penyakit dan menggangu konsentrasi pengendara. Selain helm, jaket dan celana panjang dengan proteksi juga wajib dikenakan sebagai langkah antisipasi bila terjadi kecelakaan. Selain itu ketika touring, pengendara sebaiknya menggunakan sepatu yang tingginya menutupi mata kaki.

3. Obat-obatan pribadi & P3K, Perlengkapan ini wajib dibawa. Karena selama perjalanan bisa saja Anda dihadapkan pada hal-hal yang tak terduga. Untuk itu, perlu disiapkan kebutuhan obat, khususnya bagi bikers yang memiliki obat pribadi yang sangat penting.

4. Tas barang bawaan, Untuk barang bawaan sebaiknya pengendara menggunakan tas yang peruntukkanya khusus untuk sepeda motor seperti tank bag, tail bag, maupun side bag. Selain itu bisa juga gunakan box khusus sepeda motor. Hindari membawa barang bawaan yang berlebihan agar tidak mengganggu keseimbangan saat bermanuver.

5. Cek Kendaraan, Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, kendaraan wajib dipersiapkan secara baik. Cek sepeda motor secara keseluruhan jika perlu lakukan servis pada bengkel resmi agar pemeriksaan kendaraan dilakukan secara detail dan keseluruhan.

6. Cek Spare part, Siapkan spare part cadangan sebagai langkah antisipasi dan memudahkan pengendara saat terjadi gangguan pada sepeda motor yang digunakan. Spare part yang umumnya dibawa adalah, tali kopling, kampas rem, minyak rem, bohlam, olie, tali gas, dan beberapa baut.

7. Cek kesehatan, Pastikan kondisi tubuh dalam kondisi baik, jika perlu cek kesehatan pada dokter untuk memastikan kesehatan untuk kesiapan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Dan hindari mengkonsumsi obat-obatan selama dalam perjalanan touring.

8. Cek Jalur yang akan dilewati, Cek Jalur yang akan dilewati adalah hal penting dan jangan sampai terlupakan. Sebelum kita melakukan perjalanan, harus mengetahui tujuan yang kita tuju dan jalur yang akan kita lewati. Beserta beberapa opsi jalur lainnya jika jalur utama terjadi kendala dan tidak dapat dilewati. Selain itu gunakan GPS jika memang memungkinkan, sehingga memudahkan pada saat menemui persimpangan.  Pastikan GPS terpasang diholder dengan posisi  tidak menghalangi pandangan dan berfungsi dengan baik.

9. Tentukan tempat pemberhentian istirahat, Hal yang sering terlupakan oleh rider adalah tidak mempersiapkan tempat berhenti untuk beristirahat, sehingga rider sering memaksakan sampai ketempat tujuan dan melupakan istirahat ataupun menunda. Sangat berbahaya jika dibandingkan dengan meluangkan waktu beberapa saat.Riders  Disarankan 2 jam sekali untuk beristirahat sehingga tubuh pun dapat kembali fokus

10. Catat nomer penting di setiap daerah, Memiliki nomer penting disetiap daerah yang dilewatit seperti polisi terdekat, rumah sakit terdekat, maupun diler motor honda terdekat adalah hal wajib. Sehingga ketika terjadi hal hal darurat yang tidak diinginkan kita dapat segera menghubungi.

Nah, jika semuanya sudah dipersiapkan dengan baik tentu akan memberikan rasa nyaman saat touring.

Semoga bermanfaat Cak bro.

Berita Terkait

The Last of us
Sabtu, 17 Oct 2020 08:21
Surabaya Honda Community

Persiapan Touring, Apa saja yang Harus Diperhatikan dan Dilakukan

The Last of us
Senin, 05 Oct 2020 19:06
Surabaya Honda Community

Patokan Ukuran Ganti Ban yamg lebih besar

The Last of us
Kamis, 02 Jul 2020 07:47
Surabaya Honda Community

Knalpot motor keluarkan asap putih, ini sebab dan cara memperbaikinya

The Last of us
Rabu, 05 Feb 2020 10:52
Surabaya Honda Community

Pengecekan Motor Matic Pasca Kena Banjir, ini tipsnya