NEWS
DETAILS
Kamis, 23 Dec 2021 13:30 - Paguyuban Honda Malang

Electric starter bukanlah teknologi baru pada sepeda motor. Sejak medio 1930, teknologi ini sudah digunakan untuk mempermudah bikers dalam menghidupkan mesin motor. Selain electric  starter, ada juga teknologi kick starter atau akrab dikenal sistem engkol. Namun, peran kick starter kini mulai tergantikan oleh electric starter.

Menawarkan kemudahan tanpa harus repot menyalakan mesin kendaraan dengan cara mengengkol, membuat para bikers mengandalkan electric starter dengan menekan tombol starter. Namun kemudahan itu tidak terus bisa kalian dapatkan ketika komponen - komponen pendukung pada electric starter tidak berfungsi dengan baik.

 

Cara Kerja Electric starter

Kemudahan menggunakan electric starter bisa Anda simak sebagai berikut. Saat kunci dalam keadaan on dan tombol starter ditekan, arus listrik akan mengalir dan menghidupkan relay starter. Karena relay starter on maka arus dari positif baterai mengalir ke relay menuju karbon brush, mengalir ke rotor, karbon brush negatif dan ke ground ( negatif baterai / aki ). Sehingga rotor berputar karena adanya medan magnet yang beradu dengan medan magnet permanen stator. 

Putaran rotor / angker diteruskan ke kruk as melalui mekanisme starter clutch, sehingga ketika mesin sudah menyala putaran dinamo starter dengan kruk as terputus dan mesin tidak bisa memutar dinamo starter. Untuk menjaga keamanan pada motor matic, saat menghidupkan mesin dengan menggunakan electric starter diharuskan sambil menggenggam tuas rem.

Sedangkan motor tipe sport dihubungkan dengan switch gigi netral dan switch kopling. Sehingga pada saat gigi transmisi netral tombol starter bisa berfungsi normal dan pada saat posisi masuk tidak berfungsi kecuali handle kopling ditekan baru electric starter bisa berfungsi.

Jika sudah mengenal cara kerja electric starter pastikan tombol starter dalam keadaan bersih. Perawatan yang bisa Anda lakukan adalah menyemprotkan cairan penetran. Biasanya debu dan kotoran lainnya bisa membuat tombol stater tidak berfungsi dengan baik. Namun jika kondisi bersih electric stater masih juga belum berfungsi ada baiknya Anda melakukan pengecekan pada komponen ini.

 

Aki Motor

Aki menjadi peranti yang sering disalahkan. Karena aki menjadi sumber kelistrikan pada motor saat menghidupkan lampu, klakson dan sebagainnya. Maka dari itu segala kendala pada kelistrian motor, aki menjadi peranti pertama yang disalahkan dan diperiksa. Cara mendeteksinya dengan melihat fungsi kelistrikan lainnya. Jika tidak berfungsi normal dapat dipastikan aki jadi penyebabnya, namun jika sebalik nya tentu komponen lain yang jadi penyebab tida berfungsi nya electric starter.

 

 

Switch Starter Atau Bendik 

Berfungsi untuk memutus dan menyambung arus listrik secara tidak langsung, aki ke dynamo starter. Saat terjadi kerusakan pada switch stater atau bendik, tombol stater yang Anda tekan akan terdengar bunyi cetak cetak. Dikarenakan switch starter sudah tidak kuat memutar dinamo starter.

 

 

Dinamo Starter

Kemungkinan kecil komponen dinamo starter bisa rusak, kerusakan biasanya dipicu oleh korsleting dan teputus. Langkah yang bisa Anda laukan adalah dengan mengganti arang kumparan pada dinamo. Penggantian arang kumparan terbilang sulit untuk kalian lakukan sendiri. Ada baiknya membawa ke bengkel resmi AHASS dengan teknisi yang sudah terlatih.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK