NEWS
DETAILS
Jumat, 05 Jan 2024 11:45 - Paguyuban Honda Malang
Perempuan memiliki peranan dalam setiap lini masyarakat, untuk mendukung kegiatan sehari-hari perempuan dalam perpindahan tempat satu ke tempat lainnya membutuhkan moda transportasi. Banyak dari perempuan memilih untuk berkendara sendiri salah satunya menggunakan sepeda motor.  
 
Agar berkendara aman dengan sepeda motor ada beberapa hal yang perlu para ladies perhatikan, karena terkadang tanpa kita sadari hal ini dapat meningkatkan potensi bahaya saat berkendara. Di momen memperingati Hari Ibu ini, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim memberikan tips berkendara Cari_Aman bagi wanita. 
 
1. Konsentrasi saat berkendara
Menurunnya konsentrasi dapat disebabkan karena kondisi tubuh yang kurang sehat, kelelahan dan lain sebagainya.  Konsentrasi saat berkendara dilakukan agar tidak menimbulkan bahaya terhadap keselamatan diri sendiri, penumpang, dan pengguna jalan yang lain. 
 
 
2. Penggunaan Riding Gear
Jangan lupa perlengkapan berkendara yang disarankan untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan seperti menggunakan helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu. Beberapa dari perempuan mengabaikan menggunakan perlengkapan berkendara/riding gear seperti helm dengan alasan kurang nyaman digunakan saat berkendara. 
 
“Gunakan alas kaki yang menutupi hingga bagian mata kaki seperti sepatu. Hindari pemakaian sandal atau hak tinggi karena dapat mengganggu pengendara perempuan mengendalikan keseimbangan saat berkendara.” Kata Dimas Satria Kelana, Instruktur Safety riding MPM Honda Jatim.
 
Jika akan menggunakan helm pastikan memilih helm yang berlabel SNI  dan sesuai ukuran.. Hindari saat menggunakan helm dalam kondisi rambut yang basah, memakai aksesoris rambut yang berlebihan. Jika menggunakan hijab saat berkendara dengan helm, pilihlah bahan hijab yang tidak licin, gunakan inner hijab hal ini bertujuan memberikan rasa nyaman. 
 
3. Membawa barang bawaan
Wanita, identic dengan membawa barang saat bepergian seperti tas. Perlu kita perhatikan saat membawa tas saat berkendara, disarankan ladies dapat menyimpan tas selama berkendara di bagasi motor untuk menjaga keamanan dan kenyamanan.  Berkendara dengan sepeda motor memang paling nyaman dan aman menggunakan tas ransel.
 
4. Penggunaan rok saat naik motor
Sering kita jumpai pengendara ataupun penumpang perempuan saat naik sepeda motor menggunakan rok saat berkendara. Penggunaan rok saat naik motor tidak dilarang, namun dalam safety riding disarankan pengguna sepeda motor menggunakan celana panjang saat berkendara. Menggunakan celana saat naik sepeda motor dinilai akan lebih nyaman dan leluasa bergerak dalam mengendalikan sepeda motor. 
 
“Agar tetap stylish saat berkendara, perlu juga memperhatiakan hal – hal yang tidak disarankan dilakukan saat berkendara. Untuk itu, pentingnya edukasi keselamatan berkendara yang tepat sehingga bersama-sama dapat mewujudkan keselamatan, kenyamanan dan #Cari_Aman di jalan raya bagi semua orang.”kata Dimas.
RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK