NEWS
DETAILS
Jumat, 12 Apr 2019 21:53 - Honda Community

Ambarawa - Bro, semarang salah satu kota yang memiliki ragam tempat bersejarah.

Nah dalam menyambut hari pahlawan ini, eggak ada salahnya kita megujungi tempat-tempat bersejarah Jawa Tengah, salah satunya adalah Benteng Willem ini yang berlokasi di Ambarawa.

Menurut literatur dari berbagai sumber, Benteng Willem I atau disebut pula Benteng Pendhem Ambarawa, merupakan bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang ada di kabupaten Semarang.

Benteng ini dibangun pada tahun 1834 dan selesai pada tahun 1845. Letak Benteng ini tidak jauh dari Museum Kereta Api Ambarawa, dibelakang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ambarawa, dan berada di kompleks Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Ambarawa.

Benteng ini pernah digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar untuk film Soekarno yang di sutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Disebut Benteng pendhem karena dalam istilah bahsa jawa pendem atau pendhem itu berarti terkubur, dan  karena benteng ini berada di bawah tanah atau terkubur, sebagai siasat perang.

Untuk menjangkau situs sejarah ini ada dua jalan masuk, pertama dapat melewati jalan alternatif dekat dengan RSUD Ambarawa.

Dan yang ke-dua melewati pintu masuk ke Lapas Ambarawa, dan dari situ bangunan benteng terletak disebelah kirinya.

Ambarawa merupakan salah satu kota kecamatan yang ada di Kabupaten Semarang.

Pada tahun 1840an ketika VOC berkuasa di Jawa Tengah, Ambarawa merupakan titik sumbu strategis antara Semarang dan Surakarta.

Pada awal abad 18, VOC membangun benteng - benteng di sepanjang jalur Semarang – Oenarang (sekarang Ungaran) – Salatiga – Surakarta (Solo). Rancangan ini dimaksudkan untuk pengembangan hubungan dengan Kerajaan Mataram. Kamp - kamp militer juga dibangun di kota - kota yang dilalui, tak terkecuali Ambarawa.

Jadi gitu brad/sis, gimana, gas gak nih? Buat foto-foto bareng komunitas asik banget.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK