Sabtu, 21 Mar 2020 11:33
Asosiasi Hayati Honda Community

Gak bisa ikutan Social Distancing, Bikers gak perlu panik berlebihan, berikut tipsnya

Bismillah...
Selamat siang gaeeesss, salam sejahtera bagi kita semua. Memasuki minggu keempat di bulan Maret, kita semua masih disibukkan dengan ancaman wabah Corona yang telah menyerang seluruh penjuru bumi, tidak terkecuali Indonesia. Nah, anjuran pemerintah untuk Social Distancing selama 14 hari tentu bermanfaat untuk memutus rantai penyebaran virus Corona yang telah merenggut korban ribuan orang di seluruh dunia ini. Namun, bagaimana dengan orang-orang yang tidak bisa serta merta untuk mengikuti anjuran #14haridirumahaja tersebut seperti para pekerja yang mobilitasnya menggunakan motor? Bikers, yaapss, terutama Bikers yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk selalu berkendara untuk jangka waktu yang cukup lama, baik itu para karyawan swasta, driver ojek online, kurir, ataupun profesi lainnya yang akrab dengan motor.

Tetap lindungi diri di tengah ancaman Corona Source: detikcom

Nah, biar gak panik, berikut tipsnya agar kita para Bikers terlindung dari ancaman Covid-19 tersebut...

  1. Jaga kebersihan diri dan kendaraan
    Untuk tahap pertama tentu kebersihan diri adalah diatas segalanya. Kemudian kita juga wajib menjaga kendaraan untuk selalu bersih dan terawat kondisinya. Untuk kebersihan diri tentu dimulai dari rumah, kemudian menghindari kontak dengan area publik tanpa alat pelindung diri (APD). Pakailah masker agar dapat menyaring partikel debu dan virus yang mungkin tertular melalui udara, serta biasakan mencuci tangan di air mengalir dan dengan menggunakan sabun atau hand sanitizer.
  2. Hindari memakai Riding Gear bergantian
    Riding Gear utama kita tentu berupa helm dan jaket. Nah, untuk kenyamanan diri, mohon jangan memakai Riding gear secara bergantian, seperti helm dan jaket kalian ya gaeeesss. Disarankan membawa helm sendiri bila berkendara maupun berboncengan seperti ketika menumpangi ojek online, agar kebersihannya lebih terjamin. Kita gak pernah tau kondisi helm, jaket atau riding gear milik orang lain, tentu dengan menyiapkannya sendiri lebih memudahkan kita untuk terhindar dari resiko yang mengancam.
  3. Sedia sarung tangan, masker, tisu dan kebutuhan diri lainnya.
    Untuk menangkal virus corona ini memang tidaklah sulit. Selain menjaga kebersihan diri dan kendaraan, bagi kita yang masih tidak bisa mengikuti Social Distancing ini setidaknya bisa dimulai dengan menyediakan perlengkapan diri kita sendiri, baik itu masker, sabun cair, hand sanitizer, tisu, sapu tangan, sarung tangan dll.
  4. Ganti pakaian setelah bepergian ke area publik
    Nah ini, kadang memang penularan virus bisa lewat media apa saja, gak hanya sentuhan anggota tubuh. Pakaian yang dipakai saat kita mengunjugi area keramaian, harus segera diganti saat kembali ke rumah, dan jika memungkinkan langsung dicuci. Kemungkinan penularan virus Corona ini memang menakutkan, walau bukanlah yang terparah sepanjang sejarah. Tapi turut menjaga tentu saja lebih baik ketimbang mengobati setelah terjangkit.
  5. Kembali ke pola hidup sehat
    Pola hidup sehat itu sebenarnya tidaklah susah untuk dijalani. Tapi memang kebanyakan kita suka lalai dan abai. Pola hidup sehat mah gampang, tinggal atur kebiasaan aja agar tidak sampai salah. Mulai dari pola istirahat yang cukup, menjaga kebutuhan cairan dan gizi, serta berolahraga secara teratur. Olahraga mah bisa apa aja, mulai dari berjalan kaki setiap pagi keliling komplek sambil ngajak anak-anak jalan, atau sesekali jogging dan berenang. Gak sulit sebenernya, tapi memang kondisinya kembali kepada diri kita. Di tengah serbuan wabah ini, setidaknya kita masih bisa berusaha untuk menjaga kondisi kita agar tetap prima.

Rutin merawat kebersihan Riding Gear agar selalu bersih dan nyaman digunakan, dan hindari memakai bergantian agar terbebas dari resiko yang mengintai

Social Distancing memang diperlukan untuk memutus rantai penyebaran virus ini. Tapi bagi kita yang belum bisa menjalankannya, entah itu karena tuntutan pekerjaan atau karena kebutuhan hidup, setidaknya dengan menjaga diri kita agar tetap aman, jauh lebih berharga bagi kita yang masih sibuk dijalan.

Gerakan #14haridirumahaja memang diharapkan dapat memutus rantai penyebaran virus, kenapa harus 14 hari? Karena masa inkubasi virus Corona tersebut ada di kisaran 2-14 hari. Artinya dengan berdiam diri di rumah, setidaknya resiko tertular dapat berkurang dan kita tetap jadi lebih aman. Anjuran dari pemerintah memang mengharuskan kita untuk tidak bepergian ke area publik selama 14 hari, demi mengurangi resiko penularan wabah Corona yang terus meluas di Indonesia.

https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-01353928/update-kasus-virus-corona-indonesia-per-jumat-sore-20-maret-2020-penambahan-60-kasus-baru-17-orang-dinyatakan-sembuh-dan-32-kasus-kematian

Well, semoga wabah ini segera usai, dan kita semua dapat berkativitas seperti biasa. Parno kadang liat ketakutan orang-orang pada virus Corona ini. Yaa wajar sih, kondisinya memang menakutkan. Sebagai Bikers kita sangat rentan tertular, selain karena masih beraktivitas di area publik, kita juga gak luput dari bahaya laten lainnya yang mengancam saat berada di jalanan seperti kecelakaan lalu lintas.

Anyway, bicara soal Corona, Per hari kemarin udah 32 orang meninggal, meningkat drastis dalam beberapa hari belakangan. Semoga pemerintah kita dapat lebih proaktif dalam menghadapi wabah Corona ini, memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat kita, kepada seluruh lapisan masyarakat kita, bukan hanya yang di daerah terjangkit dan jatuh korban saja, Aamiin... 

Berita Terkait

The Last of us
Senin, 01 Jun 2020 11:25
Asosiasi Hayati Honda Community

Riding Gear sebagai Gaya hidup para Bikers zaman now

The Last of us
Jumat, 27 Mar 2020 13:26
Asosiasi Hayati Honda Community

Astra Kucurkan Rp 63 Miliar buat Lawan Serangan Corona

The Last of us
Kamis, 26 Mar 2020 08:57
Asosiasi Hayati Honda Community

Menyimpan motor dalam waktu lama, cek bagian ini biar aman

The Last of us
Kamis, 26 Mar 2020 07:38
Asosiasi Hayati Honda Community

Jokowi Beri Kelonggaran Cicilan untuk Ojek dan Sopir Taksi Online

The Last of us
Kamis, 19 Mar 2020 09:15
Asosiasi Hayati Honda Community

Siaga COVID-19, Ini Cara Pertamina Cegah Sebaran Virus di SPBU

The Last of us
Kamis, 05 Mar 2020 10:08
Asosiasi Hayati Honda Community

Begini Klaim Asuransi Motor Hilang yang Masih Kredit