NEWS
DETAILS
Minggu, 07 Jul 2019 16:16 - Honda Community

Kalau brader ada rencana pergi ke Sukabumi, terutama untuk liburan, ada satu tempat yang jangan sampai brader lewatkan. Di sana ada jembatan Situgunung, jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara.

Jembatan ini berlokasi di Taman Wisata Situgunung, yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Jembatan ini memiliki panjang 243 meter, lebar 1,2 meter, dan tinggi 107 meter.

Dilansir dari lama resmi dan akun Instagram Situgunung Suspension Bridge, jembatan yang terbuat dari kayu merbau ini secara resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan pada 9 Maret 2019. Jembatan Situgunung dibangun oleh PT Fontis Aqua Vivam bekerja sama dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dengan proyek dimulai pada Mei 2017.

Walaupun tidak menggunakan alat berat, pembangunan jembatan ini selesai dalam waktu kurang dari 1 tahun, lebih tepatnya selama 4 bulan. Untuk keselamatan dan kenyamanan, jembatan ini telah disertifikasi dan lulus uji beban yang dilakukan oleh Kementrian PUPR.

Menurut Dede Asad, direktur Jembatan Situgunung, para pengunjung tak perlu takut, karena mereka yang ingin menyeberang jembatan dilengkapi dengan sabuk pengaman yang disediakan di gerbang masuk. Dilengkapi dengan pengait, ikat pinggang dapat dipasang ke pegangan kalau terjadi turbulensi.

Seorang anggota staf bersiaga di area tengah untuk membantu orang-orang menyeberangi jembatan. Usai mengunjungi jembatan gantung, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan mereka ke Curug Sawer (Air Terjun Sawer), yang berjarak 1 kilometer, atau menjelajahi tanah perkemahan dan ampiteater.

Kawasan wisata yang mempunyai pemandangan hutan rimbun yang menakjubkan ini buka setiap hari dari pukul 7.30 sampai dengan pukul 17.30.

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK