NEWS
DETAILS
Senin, 07 Oct 2019 11:06 - Honda Community

Perlu diketahui nih, brad. Berdiri di atas lahan seluas 32.548 km persegi, Jawa Tengah memiliki banyak wisata alam yang tersebar di berbagai penjuru kota dan kabupatennya.

Mulai dari pantai hingga gunung, semua bisa kamu jelajahi di provinsi ini. Pemandangan alamnya pun benar-benar akan memanjakan kamu dan membuat siapapun betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu di sana.

Penasaran di mana saja wisata alam Jawa Tengah yang menarik untuk dikunjungi? Tenang saja, daftarnya di bawah ini:

1. Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara-Wonosobo

Secara administratif, Dataran Tinggi Dieng masuk ke wilayah Kabupaten Wonosobo. Di sini, brader akan menemukan banyak daya tarik alam yang akan membuat siapa pun takjub. Salah satunya adalah keberadaan Telaga Warna yang kondisi warna airnya sering berubah. Kabarnya, perubahan warna tersebut terjadi karena tingginya kandungan sulfur di dalamnya.

Ada pula Kawah Sikidang dengan aktivitas vulkanik yang masih aktif. Kontur kawahnya cukup datar, sehingga kamu bisa melihat gumpalan asap kawah yang mengandung belerang. Tak ketinggalan, Kompleks Candi Dieng yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 1,8 km x 0,8 km. Tempat ini merupakan kompleks Candi Hindu Syiwa yang kabarnya telah dibangun pada abad ke-8.

2. Gunung Merbabu, Boyolali

Memiliki medan yang tidak terlalu sulit, Gunung Merbabu menjadi salah satu destinasi favorit para pendaki, bahkan untuk pemula. Puncak tertingginya berada di ketinggian 3.142 mdpl, yakni Puncak Kenteng Songo. Pemandangan alam di sini tentu tak perlu diragukan lagi. Kamu bahkan bisa sekaligus melihat dua Gunung Kembar Sindoro dan Sumbing.

Jika beruntung, kamu pun bisa melihat beberapa hewan liar seperti burung, monyet, dan beruk selama mendaki. Selain puncak, terdapat sebuah padang sabana luas dan indah yang biasa dijadikan spot beristirahat para pengunjung.

Dengan begitu, kamu bisa menikmati suasana pegunungan sekaligus berfoto di berbagai area sabana.

3. Pantai Menganti, Kebumen

Siapa bilang hanya Bali yang memiliki banyak pantai indah? Di Desa Karangduwur, Kebumen, kamu bisa menemukan sebuah pantai eksotis bernama Pantai Menganti. Lokasinya memang cukup sulit dijangkau karena akses yang belum terlalu memadai. Namun, perjalanan kamu dijamin akan terbayar saat sampai di lokasi pantai.

Air lautnya jernih dengan gradasi warna biru dan hijau. Hamparan pasir putih pun menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai di Kebumen ini. Di sini, pengunjung juga diperbolehkan untuk bermain air maupun berenang karena kondisi ombak yang cukup tenang. Jika ingin menikmati keindahan tersebut, siapkanlah bujet Rp10.000 per orang sebagai tiket masuk ya!

4. Puncak Argopuro Lasem, Rembang

Lokasi Puncak Argopuro Lasem memang tidak terlalu tinggi, yakni “hanya” di ketinggian 806 mdpl. Meski begitu, jalur pendakian yang harus ditempuh cukup panjang sehingga kamu tetap perlu mempersiapkan stamina. Ada dua jalur pendakian yang bisa kamu tempuh untuk mencapai Puncak Argopuro Lasem, yaitu melalui Desa Siwalan Sukun, Sedan atau Desa Ngroto, Pancur.

Pendakian menuju puncak biasanya memerlukan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Memang cukup lama, tapi rasa lelahmu dijamin akan langsung terbayar begitu disambut oleh pemandangan alam khas pegunungan. Suasananya tenang dengan udara sejuk, cocok bagi kamu yang ingin kabur sejenak dari hiruk pikuk kesibukan kota.

5. Rawa Pening, Semarang

Dulunya, Rawa Pening adalah sebuah danau air dalam, tetapi mengalami pendangkalan akibat menjadi hulu dari Sungai Tuntang. Meski begitu, Rawa Pening tetap memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah pemandangan alam yang menarik karena dikelilingi oleh tiga gunung sekaligus, yaitu Ungaran, Telomoyo, dan Merbabu. Danaunya sendiri banyak ditumbuhi tanaman eceng gondok.

Jika tertarik mengunjungi Rawa Pening, jangan lupa siapkan uang sekitar Rp7.500 sebagai tiket masuk. Setiap harinya, danau yang berbatasan dengan empat kecamatan di Semarang ini buka pukul 08:30 – 21:00.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK