NEWS
DETAILS
Jumat, 07 Aug 2020 10:03 - Honda Community

Kita ketahui bersama, Di zaman yang modern ini, perkembangan teknologi sudah semakin canggih. Masyarakat semakin mengikuti arus globalisasi, sehingga banyak masyarakat yang lebih dekat dengan kebudayaan luar dibandingkan kebudayaan lokal. Sekarang ini, kebudayaan lokal sendiri sudah mulai banyak tidak dikembangkan bahkan dilupakan.

Mimin berharap banget nih, para Brader tidak melupakan kebudayaan lokal (brad cukup melupakan mantan aja, hahaha…)

Sekarang, mimin mau ajak brad wisata kebudayaan di Kampung Budaya Sindang Barang nih!

Kampung Budaya Sindang Barang dikenal sebagai kejayaan kerajaan Sunda tempo dulu. Kampung yang dulunya merupakan salah satu keraton tempat berdiamnya permaesuri Prabu Siliwangi, Dewi Kentring Manik Mayang Sunda dan dijadikan tempat latihan bagi para satria kerajaan.

Kampung Budaya Sindang Barang juga memiliki suasana yang asri, nuansa hijau alami dan pepohanan yang memantulkan cahaya yang teduh, rumah-rumah adat khas Sunda dengan penataan yang sangat rapi dan bersih serta adat budaya yang masih kental dipegang teguh para penduduknya.

Pertama kali brad menjejakan kami di kampung ini, brad akan langsung disambut dengan alunan merdu suara angklung yang dimainkan oleh para ibu dan remaja yang tergabung dalam komunitas budaya. Upacara penyambutaan ini memang sudah dilakukan sejak lama oleh para penduduk kampung dan akan terus dipertahankan dan terus turun temurun diwariskan pada generasi-generasi berikutnya.

Banyak aktifitas yang dapat brad lakukan disini, diantaranya; belajar menari dan karawitan diirngi gending dan gamelan serta yang dipandu oleh para pelatih berpengalaman, tracking ke tempat-tempat sejah di sekitar kampung yang kurang lebih ada 93 lokasi dengan nilai-nilah sejarah, menyaksikan acara adat seren taun, mendengarkan penuturan kisah kerajaan Sunda, minimba ilmu di perpustakaan kampung, bahkan ada rafting dan brad juga bisa menikmati relaksasi di panti pijat.

Fasilitas di Kampung Sindang Barang juga sangat lengkap; area parker, musholla, kamar kecil, aula pertemuan (brad bisa kopdar juga kok) dan jika ingin bermalam disini juga disedikan penginapan.

Berlokasi di lereng Gunung Salak, jaraknya kurang lebih 30 menit jika brad berkendara dari pusat kota Bogor. Menariknya, lokasi ini juga sangat pas ditempuh dengan sepeda motor, karena aksesnya cukup memacu adrenalin.

 

Lokasi: Jl. Endang Sumawijaya, RT. 02 / RW. 08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kec. Tamansari, Pasireurih, Bogor, Jawa Barat - 16631.

Jam Operasional: Senin – Minggu, 09:00 – 17:00 WIB

Tiket Masuk: Rp. 25.000/org (hari biasa) dan Rp. 35.000 (untuk hari libur)

 

Sesekali touring kebudayaan yuk, brad!

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK