NEWS
DETAILS
Sabtu, 22 Aug 2020 10:07 - Honda Community

Tasikmalaya adalah salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Barat. Sebuah Kabupaten yang memiliki segudang bahkan semilyar panorama dan pesona alam yang sangat menakjubkan bagi siapa saja yang melihat langsung keindahan wisata alamnya.

Keindahan wisata di Tasikmalaya ini belumlah seluruhnya terekspos ke publik karena masih ada beberapa wisata wisata alam yang masih tersembunyi sehingga banyak dari traveler dan bahkan orang Tasikmalaya sendiri masih belum mengetahui objek wisata yang ada di Tasikmalaya tersebut.

Tasikmalaya sendiri memiliki berbagai jenis objek wisata yang wajib brad kunjungi jika sedang berlibur atau sedang berada di Tasikmalaya. Wisata itu antara lain berupa Air terjun atau Curug, Danau atau Waduk, Situs peninggalan sejarah atau Museum, Spot spot tempat berhunting Foto kekinian yang sangat instagramable, hingga wisata kuliner yang sangat memanjakan lidah anda.

Sekarang mimin mau ngajak para Brader yang sehati ke Pantai Karang Tawulan. Nama pantai ini mungkin masih rada asing di telinga, mungkin banyak Brader mimin juga belum tau nih.

Pantai yang masih alami dan indah banget di jalur selatan ini, berada di bentukan tebing yang sedikit menjorok ke tengah laut, dengan pantai pasir yang indah dan sedikit tersembunyi dibagian bawah kiri dan kanan tebing.

Area pantai Karang Tawulan sendiri sebetulnya cukup luas, dan mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Di area utama yang berada diatas tebing, Brader bisa beristirahat di warung-warung yang tersedia. Sarana parkir pun tersedia cukup luas.

Alamat / lokasi Pantai Karang Tawulan berada di desa Cimanuk, kecamatan Cikalong, Tasikmalaya. Lokasinya berbatasan dengan wilayah Ciamis-Pangandaran. jalan menuju ke lokasi pantai dari jalur utama pantai selatan baru saja di aspal mulus. Jaraknya memang tidak jauh juga sih dari jalan raya, paling sekitar kurang lebih 500 meter saja.

Ada beberapa rute jalan menuju pantai karang tawulan tasikmalaya yang bisa anda gunakan;

  1. Rute Menyusuri Pantai Selatan

Ada 2 alternatif rute dari bandung via jalur selatan:

  • rute Bandung – Pangalengan – pantai Ranca Buaya Garut – Pantai Santolo – Cipatujah – Karang Tawulan. Ini jalan yang saya gunakan
  • rute bandung – ciwidey – pantai cidaun cianjur – pantai Ranca Buaya Garut – Santolo – Cipatujah – Karang Tawulan.

Karena jalur ini memang dijadikan jalur utama dari Bandung untuk menuju ke jalur selatan jawa barat. Jadi, jalannya cukup mulus brad. Hanya di dekat jembatan-jembatan besar saja yang masih bergelombang. Rute menuju pantai karang tawulan di sepanjang jalur selatan relatif lurus. Pastikan selalu cek kecepatan kalian ya brad, karena seringkali ngga sadar kalau kecepatan kendaraan sudah lumayan.

Rute antar kota biasa

Untuk jalan yang ini menggunakan rute antar kota biasa, tidak menyusuri pantai. Ada beberapa alternatif yang bisa anda gunakan dari Bandung

  • rute Bandung –  Tasikmalaya – Singaparna – Cipatujah – Karang tawulan
  • rute Bandung – Garut – Jalan singaparna – Cipatujah – Karang tawulan
  • rute Bandung – Garut – Pameungpeuk – Cipatujah – Karang tawulan

Anda bisa menggunakan kendaraan umum melewati rute ini. Biasanya berupa Elf.

Dari Pangandaran

Dari pangandaran, letak pantai karang tawulan tidak terlalu jauh kok, brad. hanya kurang lebih 1,5 jam saja sudah bisa sampai dari Pangandaran ke lokasi.

Letak lokasi pantai ini tidak jauh dari gerbang perbatasan Ciamis – Tasikmalaya. Untuk lebih mudahnya anda bisa menggunakan panduan peta google map diatas.

Harga tiket masuk pantai karang tawulan terhitung murah. Tiket masuk per orang Rp 3500, dan Rp 2500 untuk motor. Untuk kendaraan roda 4 tiket masuknya adalah Rp 10,000.

Banyak pengunjung yang bermain sampai ke tebing karang yang menjorok ke tengah laut. Biasanya ini digunakan untuk spot memancing, serukan brad? Gimana kalau kita touring kesini?

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK