NEWS
DETAILS
Kamis, 22 Oct 2020 09:44 - Honda Community

foto: Hadiwibowo

Dieng adalah salah satu dataran tinggi yang memiliki tempat wisata menarik di Jawa Tengah. Berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, kurang lebih 30 km dari kota Wonosobo. Dataran tinggi Dieng terletak di barat komplek Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Ada banyak alasan yang bisa membuat brader untuk berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng. Tapi yang jelas Dieng menawarkan segudang spot wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Alasan pertama brader harus berkunjung ke Dieng adalah spot melihat sunrise terbaik. Kalau Bali punya ratusan spot ciamik menikmati sunset, Dieng punya banyak titik untuk menikmati sunrise yang bahkan digadang-gadang sebagai lokasi terbaik di Jawa.

Alasan kedua adalah udaranya yang masih bersih. Namanya juga pegunungan, pastilah udara yang ditawarkan masih asri dan sejuk. Cocok banget buat warga kota yang bekerja lima hari penuh untuk melepas penat.

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir merupakan wisata Dieng yang paling dicari pelancong. Karena di bukit setinggi 2.300 mdpl ini kita bisa menyaksikan sunrise terindah di Jawa Tengah. Kalau cuacanya bagus dan gak berawan, dari puncak brader bisa memandangi gunung Merbabu, Merapi, Sindoro dan Sumbing.

Untuk menikmatinya, brader harus mendaki dulu sekitar 30 menit sampai 1 jam tergantung dari kondisi fisikmu. Utamakan berangkat sedini mungkin sekitar pukul 04.00 biar gak ketinggalan sunrise!

Wisata Dieng Candi Arjuna

Dataran tinggi Dieng juga dipenuhi oleh candi-candi tua. Salah satu yang paling terkenal adalah Candi Arjuna yang memiliki luas area mencapai 1 hektar. Candi ini ditemukan pada abad ke-18 oleh seorang warga Belanda dalam keadaan tergenang air.

Bentuk candi memiliki keterkaitan dengan bentuk candi yang ada di India. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8 oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno.

Candi ini masih aktif digunakan sebagai tempat beribadah Umat Hindu khususnya saat perayaan Hari Raya Galungan.

Gardu Pandang Tieng

Buat yang terlalu malas menanjak tapi ingin menikmati golden sunrise, kalian bisa singgah di Gardu Pandang Tieng. Terletak di ketinggian 1.789 mdpl tepat di Desa Tieng, lokasi ini merupakan tempat favorit wisatawan mancanegara khususnya tamu-tamu Pemkab Wonosobo.

Gardu Pandang Tieng juga menjadi area yang pas untuk kumpul-kumpul bersama keluarga atau teman-teman. Brader bisa sambil ngobrol dan menikmati minuman hangat!

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK