NEWS
DETAILS
Jumat, 22 Jan 2021 10:11 - Honda Community

Ada beberapa tempat wisata yang kalau dikunjungi bikin Brader kapok untuk balik lagi. Di sisi lain, ada pula beberapa tempat yang meskipun sudah Brader kunjungi berkali-kali, rasanya Brader enggak bakal kapok buat mengulangi pengalaman wisata di tempat yang sama itu. Bener nggak, sih?

Kalau Brader punya keinginan buat memilih Kota Cirebon sebagai destinasi liburanmu di akhir pekan nanti, sepertinya Brader perlu mempertimbangkan Taman Sari Goa Sunyaragi sebagai tempat yang bakal Brader kunjungi.

Jadi, taman indah yang satu ini adalah tempat wisata budaya yang pastinya bisa bikin hati Brader adem saat mengunjunginya. Buat Brader yang suka suasana alami dengan nuansa klasik tempo dulu, Taman Sari Gua Sunyaragi di Cirebon ini pastinya pas banget buat Brader jadikan lokasi liburan akhir pekanmu.

Nama Sunyaragi berasal dari kata “Sunya” yang berarti Sepi, dan kata “Ragi” yang berarti Raga. Kalau dari asal namanya, pastinya Brader udah bisa menebak dong kalau Taman Sari Goa Sunyaragi ini dahulunya didirikan untuk tempat meditasi pada Sultan Cirebon beserta kerabat dan keturunannya.

Yang membedakan Taman Sari Goa Sunyaragi dengan taman-taman modern adalah terdapatnya goa-goa yang bisa Brader masuki. Beberapa goa yang berada di Taman Sari Goa Sunyaragi Cirebon adalah Goa Peteng, Goa Pawon, Goa Pengawal, Goa Jumut, Goa Langse, Goa, Arga Junub, Goa Pandekemasang, Goa Kelanggengan, dan lain-lain.

Taman Sari Goa Sunyaragi ini konon didirikan oleh cicit dari salah satu penyebar Agama Islam di Pulau Jawa, yaitu Sunan Gunung Jati. Nggak mengherankan ya kalau kawasan Taman Sari Goa Sunyaragi Cirebon ini disebut sebagai salah satu tempat wisata yang sangat bersejarah di Cirebon? Tentu saja, pembangunan Taman Sari Goa Sunyaragi Cirebon juga dipenuhi dengan makna, salah satunya sebagai tempat untuk mendapatkan kelanggengan dalam hidup.

Nah, ngomong-ngomong soal makna, sebuah tempat wisata bersejarah biasanya juga nggak jauh-jauh dari mitos yang melingkupinya. Taman Sari Goa Sunyaragi Cirebon ini pun juga kayak gitu lho. Ada sebuah mitos yang menyebutkan bahwa jika seorang perempuan yang masih gadis alias perawan menyentuh salah satu patung batu di kawasan Taman Sari Goa Sunyaragi yang disebut patung Perawan Sunti, konon dia nantinya akan sulit mendapatkan jodoh. Hiii…

Namun, tenang aja, kalau memang si gadis yang menyentuh patung itu melakukannya secara tidak sengaja, si gadis bisa menangkal efek sulit mendapatkan jodoh itu dengan masuk ke Gua Kelanggengan. Hmm, kira-kira, Brader percaya nggak sama mitos ini?

Percaya atau tidak, ada satu hal pasti tentang Taman Sari Goa Sunyaragi yang nggak bisa Brader sangkal. Pesona keindahan Taman Sari Goa Sunyaragi yang bernuansa klasik pasti bikin Brader ingin balik lagi. Bagaimana tidak, cantiknya penataan dan suasana damai di taman ini pasti bisa bikin siapa saja betah jalan-jalan di sana.

Kalau Brader mau berkunjung ke Taman Sari Goa Sunyaragi, Brader bisa datang ke Jalan By Pass Brigjen Dharsono, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon. Buruan deh beli tiket kereta api ke Cirebon agar bisa cepat sampai ke kota ini. Brader juga bisa booking hotel murah kalau ingin menghabiskan beberapa hari di Cirebon. Ayo berangkat!

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK