NEWS
DETAILS
Selasa, 12 Jan 2021 10:20 - Honda Community

Jurang Tembelan kini menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang sedang populer. Jika kamu tahu lokasi Taman Buah Mangunan, lokasi Jurang Tembelan tidak jauh dari gardu pandang Mangunan.

Jurang Tembelan boleh dibilang merupakan salah satu tempat wisata baru di Yogyakarta. Wisatawan biasanya datang untuk selfie dan memotret sunrise atau matahari terbit.

Selain Jurang Tembelan, lokasi lain yang juga dijadikan tempat untuk memotret sunrise, biasanya di Bukit Panguk. Namun banyak juga wisatawan yang lebih memilih Gardu Pandang Mangunan untuk mengabadikan matahari terbit.

Lokasi Jurang Tembelan berada di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul, Yogyakarta. Jaraknya dari pusat kota Yogyakarta sekitar 22 kilometer dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat sektiar 1,5 jam.

Meskipun tergolong wisata baru, Jurang Tembelan punya potensi wisata yang menjanjikan. Buktinya hampir setiap akhir pekan, tempat wisata baru di Mangunan ini selalu ramai dipadati pasangan muda mudi yang datang ingin selfie.

Tempat wisata Jurang Tembelan sudah memiliki dengan warung kopi, jadi kamu bisa menikmati secangkir kopi hangat sambil menunggu sunrise.

Namun memang agaknya cukup sulit untuk mendapatkan sunrise di Jurang Tembelan. Karena biasanya kabut dan awan selalu turun terutama saat musim hujan. Waktu terbaik untuk mendapatkan sunrise di Jurang Tembelan tentu saja saat musim kemarau.

Daerah Mangunan memang sangat dikenal dengan beberapa tempat wisata seperti Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus, Dlingo hingga Makam Imogiri yang selalu ramai jelang bulan puasa.

Tak jarang bahkan beberapa wisatawan merupakan penggemar sepeda gunung. Trek di derah Mangunan cocok untuk penggemar downhill. Jadi, kamu juga bisa menggunakan sepeda selain sepeda motor.

Salah satu daya tarik Jurang Tembelan tidak lain adalah pemandangan Kebun Buah Mangunan dan Sungai Elo. Lokasinya yang berada di dataran tinggi cocok untuk mengabadikan foto landscape.

Berminat Berangkat ke kawasan wisata ini? Buat sekadar jalan-jalan, kawasan ini tidak memungut biaya tiket masuk. Kecuali untuk beberapa kegiatan yang ingin kamu lakukan di sana.

Seperti untuk berswafoto, seperti kalau mengunjungi Pinus Pengger, akan ada biaya yang kamu perlu bayar, namun seikhlasnya. Beda lagi untuk kebutuhan foto pre wedding, kamu perlu membayar tiket sebesar Rp 50.000.

Biaya menggunakan spot untuk swafoto dan mengambil foto pranikah ini akan digunakan sebagai biaya pengembangan atau maintenance kawasan wisata ini.

Jadi uang yang kamu bayarkan juga akan bermafaat untuk tempat wisaa Jurang Tembelan ini juga. Lagipula, sepertinya tidak terlalu mahal juga kok tarifnya.

Selain sudah terdapat fasilitas toilet dan warung, untuk kamu yang datang dengan kendaraan pribadi, kawasan ini juga memiliki lahan parkir yang luas. Untuk parkir kendaraan, kamu perlu membayar Rp 3.000 untuk motor, Rp 5.000 untuk mobil, Rp 10.000 untuk Elf atau Rp 20.000 untuk bus.

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK