NEWS
DETAILS
Rabu, 13 Jan 2021 10:06 - Honda Community

Jika Brader pernah mendengar nama L’arch D’ Triomphe, kira – kira apa sih yang bakal terpikirkan di dalam imajinasi? Luar Negeri? Perancis? Yak, benar monumen L’arch D’ Triomphe ini aslinya berada di Perancis. L’arch D’ Triomphe ini sebenarnya merupakan nilai – nilai yang merefleksikan kejayaan di Perancis.

Namun, jika Brader ingin melihat monumen tadi, tetapi nggak mau mengeluarkan budget lebih, bisa deh Brader datang ke Gumul, Kediri. Soalnya ada sebuah monumen di kediri yang mirip dan menyerupai L’arch D’ Triomphe yang ada di Perancis!

Iya, monumen di Kediri Jawa Timur yang mirip L’arch D’ Triomphe ini namanya dikenal dengan nama Monumen Simpang Lima Gumul atau biasa disingkat SLG. Monumen ini sekarang adalah salah satu bangunan yang menjadi ikon sekaligus kebanggaan Kota Kediri. Bentuknya sendiri mirip dan menyerupai Arc de Triomphe yang berada di Paris, Perancis.

Monumen Simpang Lima Gumul ini memiliki luas bangunan sekitar 804 meter persegi, di tumpu oleh 3 tangga, 3 meter dari lantai dasar. Tingginya adalah 25 meter sehingga jika Brader berada di atap monument, Brader bisa sekaligus menikmati lansekap dan panorama Kediri yang indah dari atas. Secara fisik, monumen Simpang Lima Gumul ini memiliki luas bangunan 37 hektar.

Yang menarik, pada tiap sisi monument ini ada banyaj pahatan dan ukiran relief – relief tentang sejarah Kota Kediri, relief yang menceritakan kesenian dan kebudayaan indonesia. Angka luas dan tinggi Monumen Simpang Lima Gumul ini juga dipilih dengan mencerminkan tanggal, bulan dan tahun hari jadi Kabupaten Kediri yaitu pada tanggal 25 maret 804 Masehi.

Monumen Kediri yang terletak di Simpang Lima Gumul ini merupakan Ikon Kabupaten Kediri yang kemudian menjadi terkenal untuk berlibur orang setempat juga. Lokasinya yang hanya berjarak sekitar 6 km atau 10 menit perjalanan dari pusat kota Kediri. Sementara itu, dari Bandara Juanda Surabaya jaraknya adalah 120 km atau sekitar 2,5 jam perjalanan.

Selain untuk berwisata, kedepannya, Monumen Simpang Lima Gumul ini diproyeksikan menjadi kota baru dan pusat perdagangan Jawa Timur bagian barat (Central Business District ). Sekarang ini bahkan sudah mulai dilengkapi dengan Bank daerah, terminal bus antar kota dan MPU, convention hall, gedung serbaguna, dan sarana rekreasi megah Water Park Gumul Paradise Island.

Kalau berkunjung ke Kediri, Brader jangan sampai tidak berkunjung ke sini, apalagi memang tempat ini juga tak pernah sepi pengunjung. Dari siang hinnga malam hari Brader bisa bersantai di area monument ataupun sekedar menikmati kuliner lokal khas kediri disini. Didekatnya ada banyak pedagang kaki lima yang berjejer di area Pasar Tugu yang menjajakan banyak kuliner enak Kota Kediri.

Brader bisa juga datang pada hari sabtu dan minggu pagi. Biasanya Monumen Simpang Lima Gumul ini ramai dikunjungi oleh pengunjung yang sedang berolaraga di jogging track yang ada, rekreasi bersama keluarga, atau hanya sekedar menikmati ramainya pasar Sabtu Minggu (Tugu) di dekat Monumen Simpang Lima Gumul.

Menyenangkan bukan? Apalagi tidak ada tiket masuk untuk berkunjung ke Monumen Simpang Lima Gumul ini. Brader hanya perlu membayar parkir saja, dan kemudian sudah bisa bersantai seharian di tempat ini. Entah untuk mengagumi arsitekturnya, atau sekedar bersantai dan mencari kuliner Kota Kediri yang enak.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK