Selasa, 30 Mar 2021 09:24
Honda Community

Curug Malela, Niagara Mini Di Bandung Barat

Meskipun tidak setinggi dan seluas air terjun Niagara yang ada di Amerika Serikat, Indonesia juga punya ‘Niagara Mini. Air terjun ini cukup untuk membuat brader terpesona.

Niagara mini milik Indonesia ini terletak di perbatasan Kabupaten Cianjur, Kampung Mandid, Desa Cidadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Dari tempat pakir, Brader akan melanjutkan perjalanan dengan menempuh jalur trecking hingga sampai di lokasi air terjun.

Meskipun harus menempuh perjalanan cukup jauh, tapi semua kelelahan akan terbayar lunas saat menikmati keindahan pemandangan Curug Malela. Jalur air yang berjejer, membuatmu seolah-olah sedang berada di depan Niagara.

Niagara yang memiliki nama Curug Malela ini memiliki ketinggian hingga 70 meter dan lebar 50 meter. Cukup tinggi, bukan? Air yang deras serta rimbunnya pepohonan sekitar menjadi lanskap cantik yang membuat Curug Malela popular di kalangan wisatawan, terutama dari Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Saat tiba di Curug Malela, Brader akan disambut dengan udara sejuk khas pegunungan. Sangat cocok untuk refreshing dan melepas segala penat. Berenang di kubangan atau kolam yang ada di bawah curug, menjadi pelengkap.

Tapi, hati-hati, ya! Kolam ini memiliki kedalaman 1,5 hingga 2 meter. Sangat tidak disarankan untuk Brader yang belum bisa berenang.

Tidak bisa berenang tapi ingin basah-basahan? Tenang saja, Brader hanya perlu berdiri di pinggiran curug. Air yang berasal dari Gunung Halu, mengalir deras dan akan menciptakan cipratan yang membuatmu ikut merasakan segar dan dinginnya air Curug Malela.

Curug Malela tidak hanya banyak dikunjungi manusia. Jika beruntung, Brader juga bisa melihat satwa liar, seperti monyet, yang menjadi penghuni asli curug tersebut. Siapkan kameramu! Siapa tahu Brader bisa berswafoto bareng penghuni asli.

Pihak pengelola juga telah membangun panggung dan jembatan di sekitar Curug Malela, sebagai spot untuk menikmati keindahan curug serta ber-selfie-ria. Adanya area parkir yang luas, saung untuk istirahat, toilet, hingga musholla membuat curug ini layak untuk dijadikan destinasi liburan.

Brader pun tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal makan siang. Warung makan yang berjejer dengan berbagai menu pilihan akan menemani para pengunjung menghabiskan waktu berlibur di Curug Malela.

Tidak ingin buru-buru pulang ke rumah? Tenang. Di sekitar Curug Malela terdapat beberapa penginapan dan villa milik penduduk. Namun, jika ingin menikmati hotel berbintang, Brader harus menempuh perjalanan sekitar 5 km dari Curug Malela.

Curug Malela yang buka mulai pukul 08.00-17.00 ini cocok dikunjungi saat musim kemarau tiba, karena debit airnya tidak terlalu deras, sehingga Brader bisa lebih aman dan nyaman berlama-lama menikmati keindahannya.

Untuk bisa menikmati keindahan ‘Niagara Mini’ ini, Brader hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 10.000 rupiah, plus biaya parkir sekitar 2.000 hingga 5.000 rupiah. Cukup terjangkau, kan? Yuk, ke Curug Malela!

Berita Terkait

The Last of us
Jumat, 30 Apr 2021 11:29
Honda Community

Wisata Religi Ke Masjid Raya Baiturrahman Aceh

The Last of us
Jumat, 30 Apr 2021 10:29
Honda Community

Wisata Niagara Di Bandung Barat

The Last of us
Kamis, 29 Apr 2021 09:35
Honda Community

Sejuk Dan Dingin Di Bali Botanical Garden

The Last of us
Senin, 26 Apr 2021 09:24
Honda Community

Nepal van Java Dusun Butuh Kaliangkrik

The Last of us
Sabtu, 24 Apr 2021 11:40
Honda Community

Berwisata Ke Kebun Karet Trikora

The Last of us
Kamis, 22 Apr 2021 10:25
Honda Community

Pantai Balekambang, Salah Satu Pantai Cantik Di Malang

The Last of us
Sabtu, 17 Apr 2021 09:31
Honda Community

Menikmati Gulungan Ombak Besar Di Pantai Gigi Hiu

The Last of us
Rabu, 14 Apr 2021 12:04
Honda Community

Wisata Ke Lembah Harau, Minangkabau Layak Diperhitungkan