NEWS
DETAILS
Senin, 26 Apr 2021 09:24 - Honda Community

Punya impian traveling ke Nepal, tapi dananya belum ada? Jangan bersedih. Indonesia juga punya lho, daerah wisata dengan suguhan pemandangan dan suasana yang mirip Nepal.

Namanya Dusun Butuh Kaliangkrik di Magelang, Jawa Tengah. Kawasan wisata ini cocok banget buat Brader yang ingin melepas penat di era adaptasi new normal. Lantas, apa saja daya tarik Dusun Butuh Kaliangkrik?

Hal ini tidak terlepas dari lokasi Dusun Butuh Kaliangkrik yang berada tepat di bawah kaki Gunung Sumbing. Rumah-rumah warga yang tampak tersusun rapi dan berundak di lereng gunung juga melengkapi keindahan panorama objek wisata tersebut.

Tak heran bila banyak wisatawan yang mengatakan dusun ini mirip seperti destinasi wisata Namche Bazar di Nepal, namun versi kearifan lokal Indonesia.

Dusun Butuh Kaliangkrik merupakan desa tertinggi di Kota Magelang dengan ketinggian mencapai lebih dari 1.700 mdpl. Tapi jangan khawatir, akses menuju tempat ini terbilang mudah dijangkau, brad.

Jalanannya sudah bagus untuk dilewati kenderaan roda empat maupun roda dua, meski cenderung menanjak dan terjal. Jadi, bagi brader yang datang menggunakaan kendaraan matic atau otomatis, diimbau untuk tetap berhati-hati.

Lalu bagaimana caranya untuk bisa sampai ke Dusun Butuh yang mirip di Nepal ini?

Dari Yogyakarta

Jika Brader berasal dari Yogyakarta, bisa langsung mengarah ke Kota Magelang. Sampai di Kota Magelang, Brader bisa arahkan kendaraan ke Pasar Kaliangkrik yang jaraknya 12 kilometer. Brader bisa menggunakan bantuan Google Maps selama perjalanan dengan mengetik tujuan Nepal van Java.

Sampai di Pasar Kaliangkrik, arahkan kendaraanmu ke Sekolah Dasar Negeri Desa Temanggung, sekitar 2 kilometer jaraknya. Ambil kanan naik 6 kilometer arah ke basecamp Sumbing via Dusun Butuh Kaliangkrik atau Nepal van Java.

Namun, Brader tak perlu sampai basecamp Butuh. Lokasi Nepal van Java yang viral itu dapat Brader temukan sebelum basecamp. Melihat Google Maps, lokasinya berada 400-500 meter sebelum basecamp Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik.

Lokasi Nepal van Java berdekatan dengan Warkop Komisuu! dan Jajanan oleh-oleh Khas Nepal van Java. Jika sudah mengetahui rute perjalanan, sebelumnya pastikan dahulu kendaraan yang dibawa kuat menanjak.

Hal ini karena lokasi Dusun Butuh berada di ketinggian lereng Gunung Sumbing. Perjalanan akan didominasi dengan jalur menanjak saat menuju ke sana.

Jika kendaraan Brader tak kuat menanjak, tak usah khawatir, Brader bisa gunakan jasa ojek seharga Rp 35.000 dari Pasar Kaliangkrik menuju Nepal van Java.

Dari Semarang

Jika Brader datang dari arah Semarang, arahkan kendaraanmu ke Magelang. Sama seperti rute Yogyakarta-Magelang, Brader akan diarahkan ke Kota Magelang dan lalu ke Pasar Kaliangkrik. Perjalanan dari Semarang ke Nepal van Java memakan waktu kurang lebih 2 jam 27 menit jika menggunakan mobil dan masuk tol.

Sampai di Kota Magelang, Brader akan diarahkan ke Pasar Kaliangkrik sekitar 12 kilometer jaraknya. Ketika tiba di Pasar Kaliangkrik, arahkan ke SDN Desa Temanggung yang jaraknya sekitar 2 kilometer.

Lalu, ambil kanan dengan jalan menanjak dengan jarak tempuh 6 kilometer ke arah basecamp Sumbing via Butuh Kaliangkrik. Sama seperti dari arah Yogyakarta, lokasi Nepal van Java berada sebelum basecamp pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik.

 

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK