NEWS
DETAILS
Minggu, 30 May 2021 09:21 - Honda Community

Tempat wisata di Lombok kian hari makin banyak dikenal orang. Makin banyak pula wisata baru di lombok bermunculan. Selain Desa Sade yang merupakan desa wisata Lombok, yang satunya adalah Bukit Pergasingan, salah satu bukit keren di Lombok yang memiliki pemandangan begitu indah. Jadi tidak hanya Pantai Pink di Lombok saja yang bisa kamu kunjungi!

Bukit Pergasingan yang ada di Lombok ini memang menawan. Apalagi biasanya bukit keren yang satu ini dimanfaatkan sebagai salah satu tempat pemanasan sebelum naik ke Gunung Rinjani. Atau bisa juga sebagai alternatif pendakian jika misalnya jalur pendakian Gunung Rinjani sedang ditutup.

Memang dari bukit dengan ketinggian 1700 mdpl ini, Gunung Rinjani terlihat kokoh berada di dekatnya. Jadi, untuk yang belum bisa naik ke Gunung Rinjani, mendaki bukit pergasingan bisa menjadi obat yang ampuh sebelum merengkuh puncak rinjani yang sebenarnya.

Bukit Pergasingan ini letaknya tak jauh dari Gunung Rinjani, tepatnya berada di Desa Sembalun, Lombok Timur. Jika Brader ingin menuju kebukit ini, waktu yang ditempuh untuk menuju Desa Sembalun dari Kota Mataram sendiri bisa ditempuh selama sekitar 2-3 jam.

Sesampainya disana, Brader akan disambut tulisan “Selamat Datang di Kawasan Wisata Bukit Pergasingan”. Tak berapa lama dari pintu masuk tadi, baru titik pendakian ke Bukit Pergasingan dimulai.

Pendakian tak sesulit seperti pendakian di gunung, meskipun Brader harus tetap berhati-hati ketika naik. Menuju puncak bukit, Brader akan dimudahkan dengan keberadaan anak tangga yang berjumlah ratusan buah, baru kemudian mendaki melewati jalur tanah berbatu. Berhati-hatilah, karena jalur dengan kemiringan berkisar 60-70 derajat akan menyambut Brader dengan penuh tantangan.

O iya, Dari Desa Sembalun Lawang, Brader bisa menuju pintu rimba dengan berjalan kaki atau bisa juga menggunakan ojek motor. Alternatifnya Brader bisa menyewa mobil pickup dari penduduk setempat. Pun akan lebih gampang jika Brader membawa kendaraan pribadi.

Untuk memulai petualangan di Bukit Pergasingan, Brader nanti harus membayar tiket masuk sebesar IDR 15.000 kepada pengelola Bukit Pergasingan. Tiketnya nggak terlalu mahal, apalagi hasil dari penjualan tiket akan digunakan dengan bermanfaat.

Pengelola wisata baru di Lombok ini adalah para pemuda setempat yang tergabung dalam Sembalun Development Community Centre (SCDC). Nantinya uang tiket Brader akan dipergunakan dengan bijak untuk menjaga kelestarian bukit agar tetap terawat.

Bukit ini bisa dibilang salah satu tempat wisata yang keren di Lombok. Karena pemandangan yang bisa dilihat sepanjang pendakian hinggga sampai puncak bukit amat beragam. Misalnya yang paling keren adalah pemandangan persawahan yang membentuk pola kotak-kotak, Gunung Rinjani yang kokoh, pemukiman Desa Sembalun yang tenang, hingga lanskap perbukitan yang begitu indah.

Perlu diketahui kalau Bukit Pergasingan ini berada pada ketinggian 1700 mdpl sementara itu Desa Sembalun sendiri berada pada ketinggian sekitar 1100-an mdpl. Jadi kira-kira ketinggian yang harus Brader daki hanyalah sekitar 600 meter. Gampang bukan?

Memang pendakian bukit ini tidak begitu berat, untuk pendakian normal, kira-kira bisa ditempuh selama 2-3 jam jalan kaki saja. Karena itu, mendaki Bukit Pergasingan ini cocok sekali buat Brader yang ingin naik Rinjani.

Selain itu, sepanjang perjalanan mendaki, Brader akan disuguhkan oleh pemandangan alam Lombok yang sangat menakjubkan. Hamparan sawah bak permadani berwarna-warni, kabut yang menyelimuti Desa Sembalun, ditambah lagi dengan pemandangan cantik Gunung Rinjani yang menjulang tinggi. Yakin nggak berminat main naik kesini?

Selain itu, ketika Brader sudah di puncak, sebaiknya Brader camping saja disana. Karena pemandangan matahari terbit dan pagi hari di Bukit Pergasingan ini begitu cantik luar biasa. Hanya saja, satu yang perlu Brader ingat dan catat baik-baik! Jangan pernah buang sampah sembarangan atau bahkan meninggalkan sampah di Bukit Pergasingan ini!

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK