NEWS
DETAILS
Jumat, 08 Jul 2016 20:08 - Paguyuban Honda Kudus

Dari Hasil Kualifikasi MotoGP Assen Belanda menjadi milik rider dari Ducati dimana Andrea Dovizioso Berhasil menjadi pembalap pertama yang meraih poll potition dengan catatan waktu 1.45.246 dan hasil ini juga mencatatkan record Andrea Dovizioso menjadi pembalap pertama yang berhasil meraih Poll Potition dimusim 2016 ini, sedangkan di urutan kedua ada pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi yang berhasil mencatatkan waktu tercepat kedua dengan catatan waktu 1 M 45.961 S, sementara pada sesi Kualifikasi yang diselenggarakan tadi malam pembalap repsol Honda Marc Marques mengalami Crash dan harus mengawali balapan dari urutan ke 16.

Andrea Dovizioso mengawali balapan dari posisi pertama disusul oleh valentine Rossi, sejak balapan dimulai Valentino Rossi melakukan manufer yang sangat bagus dengan mendahului rival terdekatnya Andrea Dovizioso , Rossi berhasil memimpin jalannya Race assen belanda sementara. Antusias para penonton sangat jelas terlihat, mengingat race kali ini dilaksanakan pada akhir pekan banyaknya penonton yang memadati tribun.

Kejutan terjadi pada Lap ke 22, dimana  Tim Aspar, Yonny Hernandez. Pembalap dari Kolombia ini melakukan manufer yang bagus untuk mendahului pembalap Yamaha Valentino rossi Hingga memasuki Lap ke 18 pembalap Tim Aspar ini mampu menguasai jalannya Race.

Semetara Pembalap Movistar Yamaha Jorge Lorenzo berada di posisi ke -17, penampilan yang sangat bagus diperlihatkan oleh pembalap kolombia ini Yonny Hernandez. Berusaha menjauhkan diri dari Valentino Rossi, untuk posisi ke tiga hingga Lap Memasuki Lap ke-17  Andrea Dovizioso masih kokoh menempel Rossi.

Dengan Situasi lintasan yang basah , pembalap 46 Yamaha ini sangat berambisi untuk memenangkan Race ASSEN Belanda kali ini, namun saying di 16 Lap sisa Dovisiozo mampu melakukan akselerasi terhadap rossi, sehingga posisi kedua diambil alih oleh pembalap Ducati Dovizioso.

Tim Aspar, Yonny Hernandez Gesit dan kencang pada balapan kali ini, ditengah rider top yang banyak mengalami masalah dengan Ban, pembalap Kolombia ini mampu mengambil celah, Namun sangat disayangkan sekali di 15 Lap sisa  Yonny Hernandez mengalami Crash yang membuat dirinya terpeleset ke posisi ke-16, nampaknya hari ini dewi fortuna tidak berpihak pada pembalap dengan Nomor 68 ini.

Dengan Terpelesetnya Tim Aspar, Yonny Hernandez membuat pembalap Ducati Andrea Dovizioso berhasil memimpin balapan, disusul oleh Valentino Rossi dan Petruci.

Petruci menempel ketat pergerakan Rossi berharap berhasil mengambil alih posisi kedua, beberapa kali pembalap ini melakukan Manufer berbahaya, 13 Lap sisi aksi dari Patruci mampu menggeser posisi rossi, namun itu tidak berlangsung lama, Rossi kembali mengambil alih Balapan, Patruci menggila pada sesi balapan kali ini beberapa kali aksi egoisnya hamper saja membahayakan Valentino rossi.

Keseruan terlihat ketika MotoGP memasuki lap ke 12 dimana, patruci dan reading mampu melakukan manufer terhadap valentine Rossi, namun perlahan pembalap 46 ini bangkit dan kembali berada di posisi ke 3.

Memasuki Lap ke 12 Patruci berada di posisi puncak balapan, disusul oleh Dovisiozo dan valentine Rossi, sementara pembalap Honda dani Pedrosa masih berupaya keluar dari zona 5 besar, sangat jelas terlihat lintasan sangat licin dimana pembalap sangat hati-hati agar mampu menjada kestabilan tunggangannya. Salip menyalip itulah yang terjadi pada perebutan posisi ke 1,2, dan 3 . Bukannya hujan makin reda namun hujan makin lebat membuat jarak pandang pembalap sedikit terganggu.

Dengan situasi hujan yang lebat membuat Race harus terhenti sejenak RED FLAG .

Sekitar 15 menit Istirahat, seperti yang diketahui Sirkuit Di Assen Belanda ini mempunyai ciri khas menjadi sirkuit yang paling cepat mengering, sekaligus ini menjadi PR tersendiri dari para rider untuk memilih Ban, Strating sementara adalah andrea Dovizioso, Patruci dan valentine Rossi.

Valentine Rossi langsung mengawali balapan dengan baik,  namun Marc Marquez berada di posisi ketiga untuk menempel ketat pemabalap movistar Yamaha ini, untuk posisi pertama masih menjadi milik Andrea Dovizioso, Rossi sukses mengambil alih posisi pertama namun Dani pedrosa harus terjungkap pada balapan kali ini.

Para Fans valentine Rossi dengan antusias yang sangat luar biasa untuk memberikan dukungan, tidak disangka pembalap Repsol Honda ini mampu berada di posisi ketiga dan sangat besar kemungkinan akan podium pada GP Assen belanda kali ini.

Namun disayangkan Dani Petruci dan Andrea Dovizioso harus terjungkal memasuki Lap ke 10,  Banyaknya pembalap yang terjunkal karena situasi lintasan yang begitu licin.

Tidak sampai disana, korban selanjutnya adalah Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi yang harus terjungkal. Yang membuat marc Marquez berhasil berada di posisi puncak, keseruan balapan seakan hilang namun jack Miller mampu memberikan suntikan keseruan karena mampu melakukan manufer terhadap Marquez.

Memasuki Lap ke 8 Jack Miller mampu memimpin balapan disusul oleh Marc Marquez dan Espargaro, sedangkan pembalap Ducati Andrea Lannone berada di posisi ke 5.

Hingga balapan berakhir Jack Miller mampu memenangkan Race disusul oleh Marquez dan Scott readding "Jika bukan karena hujan, sulit membayangkan Jack Miller berada di 10 rider terkencang di grid. Namun kenyataan di Belanda seakan membalik semua kenyataan. Jack Miller berhasil melesat  ke depan, memimpin 12 rider tersisa dan menjadi non factory rider yang menang sejak Toni Elias pada 2006"

Hasil Balap MotoGP Assen 2016 :

1. Jack Miller AUS Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) 22m 17.447s
2. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 22m 19.438s
3. Scott Redding GBR Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) 22m 23.353s
4. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 22m 27.259s
5. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP) 22m 35.282s
6. Hector Barbera ESP Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) 22m 36.139s
7. Eugene Laverty IRL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) 22m 40.052s
8. Stefan Bradl GER Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 22m 41.050s
9. Maverick Viñales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 22m 43.595s
10. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 22m 45.051s
11. Tito Rabat ESP Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V)* 23m 39.277s
12. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 24m 11.816s
13. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) +3 laps
Alvaro Bautista ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) DNF
Michele Pirro ITA Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) DNF
Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) DNF
Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) DNF
Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP) DNF
Danilo Petrucci ITA Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) DNF
Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) DNF
Yonny Hernandez COL Aspar MotoGP Team (Desmosedici GP14.2) DNS

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK