NEWS
DETAILS
Selasa, 01 Nov 2022 19:54 - Ikatan Motor Honda Makassar

Banyak biker telah menyelesaikan perjalanan dari Makassar, Sulawesi Selatan menuju Manado, Sulawesi Utara rata-rata menempuh perjalanan selama 6 hari.

Bagi Anda yang ingin melakukan hal serupa sebetulnya bukan hal yang sulit karena beragam peta digital bisa memandu Anda. Tapi berdasarkan pengalaman para bikers Honda, berikut ini rute yang pas dan kota yang bisa Anda singgahi untuk istirahat.

Dari Makassar, perjalanan bisa langsung mengarah ke utara melalui pantai barat Sulawesi. Salah satu kota yang bisa disinggahi yakni Topoyo, Sulawesi Barat. Di sini terdapat beberapa pilihan tempat menginap. Jaraknya sekitar 450 km atau 9 jam perjalanan tanpa berhenti.

Dari Topoyo Anda bisa lanjut menuju Palu, Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah. Jaraknya sekitar 390 km dengan durasi perjalanan 8-9 jam. Perjalanan ini banyak liku dan sedikit jalan rusak, jadi Anda harus berhati-hati. Karena kota besar, banyak sekali tempat menginap yang bisa jadi pilihan.Dari Palu, perjalanan bisa dilanjutkan sampai perbatasan dengan Provinsi Gorontalo. Kota transit selanjutnya bisa di Marisa, Gorontalo. Disini terdapat hotel untuk sekedar melepas lelah.

Dari Marisa, sebetulnya bila Anda kuat bisa langsung ke Manado, Sulawesi Utara. Jaraknya memang hampir 500 km, dengan total perjalanan hampir 12 jam. Tapi bila tidak kuat, Anda bisa mampir di Kotamobagu yang berjarak 400 km dari Marisa.

Dari Kotamobagu ke Manado tidak sampai 200 km lagi. Jadi sebetulnya dengan 5 hari perjalanan bila Anda memang hanya melintas sudah lebih dari cukup. Yang juga harus jadi perhatian Anda yakni soal bahan bakar, pastikan selalu isi full begitu bahan bakar sudah setengah tangki. Karena di Sulawesi, BBM termasuk barang langka, kalaupun ada, antrean di SPBU bisa menyita waktu Anda.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK