NEWS
DETAILS
Sabtu, 19 Nov 2022 04:18 - Ikatan Motor Honda Makassar

Para bikers yang tergabung dalam berbagai klub/ komunitas tidak jarang menggunakan istilah-istilah atau kode unik saat saling berkomunikasi. Bahkan ada diantara istilah-istilah tersebut tidak diketahui oleh kalangan umum atau diluar kalangan bikers.

Cara berkomunikasi menggunakan kode unik tersebut mereka lakukan agar dapat feel nya atau terasa didalam satu frekuensi. Jadi saat sudah terjun di dalam dunia bikers, hendaknya pahami istilah atau kode yang sering dipakai oleh para bikers agar bisa nyambung atau tidak jadi bingung sendiri.

Brosis, berikut ini beberapa istilah di kalangan bikers yang mungkin kalian belum mengetahuinya.

Setelah ada Sunmori (Sunday Morning Ride) atau riding di Minggu pagi hari, ada lagi istilah Satmori (Saturday Morning Ride) yaitu riding Sabtu pagi hari. Lalu ada Night Ride, berkendara malam hari, biasanya dilakukan Jum’at atau Sabtu malam jelang dinihari yang tujuannya ingin berkendara malam hari karena dianggap jalan raya lebih sepi daripada siang.

Kemudian yang paling baru ada lagi istilah Saturday Night Ride (Satride), kegiatan riding bersama-sama yang dilakukan Sabtu malam dan biasanya hingga lewat dinihari kegiatannya. Karena sudah familiarnya kegiatan Sunmori, muncul lagi ide dengan melakukannya bersama-sama gabungan antar klub/ komunitas dan dinamakan Sunmorgab (Sunmori Gabungan).

Istilah Kopdar (Kopi Darat) sudah terbiasa mendengarnya, kini ada lagi istilah lain yang kegiatannya mirip dengan Kopdar, yakni kumpul bersama-sama. Sebut saja Kopsan, berasal dari gabungan kata Kopdar dengan Santai. Biasa dilakukan diluar jadwal rutin kopdar yakni dari Senin malam hingga kamis malam. 

Lalu ada Kopsil, berasal dari kata Kopdar dan Silaturahmi yang mana ini dilakukan untuk mengunjungi atau bersilaturahmi dengan mendatangi suatu klub/komunitas yang sedang melaksanakan Kopdar rutinnya.

Kemudian ada Kopdar yang dilaksanakan berkeliling atau berpindah-pindah lokasinya yang disebut Kopdarling (Kopdar Keliling). Kopdarling ini biasanya berpindah-pindah dari rumah ke rumah milik anggota dari suatu klub/komunitas yang waktunya sesuai dengan jadwal kopdarnya, tujuannya untuk mencari suasana baru agar tidak jenuh sekaligus bisa mengenal keluarga dari anggota yang rumahnya dijadikan lokasi kopdar.

Istilah touring termasuk sering diucapkan dan dilakukan, ternyata namanya pun ada beberapa sesuai peruntukan atau tujuan dilakukan. Seperti Tourjib (Touring Wajib), kegiatan ini disebut wajib karena sudah menjadi agenda rutin atau biasanya termasuk agenda tahunan. Juga dijadikan salah syarat untuk  bisa dilantik menjadi anggota resmi suatu klub/komunitas.

Muncul lagi istilah Tourgab (Touring Gabungan), dimana ini dilakukan gabungan antar klub/komunitas yang berbeda dalam rangka acara khusus. Biasanya lokasi tujuannya adalah destinasi wisata unggulan atau menjadi ikon suatu wilayah/ daerah.

Itulah beberapa istilah di kalangan bikes yang Brosis ketahui, dan masih banyak lagi yang terus berkembang sesuai dengan dinamikanya dunia bikers tanah air.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK