NEWS
DETAILS
Kamis, 21 Oct 2021 07:17 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... UNESCO menetapkan Ciletuh di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, sebagai salah satu Global Geoparks yang baru. Berkat nominasi ini, semua tujuan yang termasuk dalam zona geopark telah mulai mendapatkan perhatian dunia, sehingga meningkatkan kedatangan turis ke Sukabumi.

Pariwisata di Sukabumi semakin berkibar dengan hadirnya destinasi wisata baru, yakni Geopark Ciletuh. Terlebih lagi, Geopark Ciletuh sedang dinominasikan untuk menjadi bagian dari Global Geopark Network UNESCO, sehingga apabila sudah disahkan menjadi UNESCO Geopark, nama Ciletuh akan semakin mendunia lagi.

Dengan mendapat status UNESCO Geopark, masyarakat setempat diharapkan lebih memiliki rasa memiliki terhadap lingkungannya. Melalui geowisata, akan tercipta banyak lapangan pekerjaan dan perekonomian pun bergerak—sambil tetap melakukan konservasi alam. Indonesia saat ini memiliki dua lokasi geopark yang telah diakui oleh UNESCO, yakni kawasan Gunung Batur di Bali dan Gunung Sewu di Jawa Timur.

Geopark Ciletuh memiliki luas sekitar 128.000 hektare dan mencakup 74 desa di delapan kecamatan, yakni Kecamatan Cisolok, Kecamatan Cikakak, Kota Pelabuhan Ratu, Kecamatan Simpenan, Kecamatan Waluran, Kecamatan Ciemas, Kecamatan Ciracap, dan Kecamatan Surade. Awalnya, Geopark Ciletuh hanya mencakup tiga kecamatan.

Geopark Ciletuh memiliki bentuk menyerupai tapal kuda (amphitheater) dengan diameter sekitar 15 kilometer yang menghadap ke Teluk Ciletuh. Dengan area yang berada dalam naungan UNESCO. Begitu luas, jumlah obyek wisata di Geopark Ciletuh pun sangat banyak, mencapai 70 obyek wisata. Berikut ini adalah beberapa obyek wisata utama yang wajib kawan-kawan kunjungi.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK