Kamis, 15 Oct 2020 11:41
Honda Community Jawa Timur

Misidianto instruktur Safety Riding MPM Honda Kupas Persiapan Berkendara Hujan Di Webinar

Di beberapa daerah mendung mulai menyelimuti dan hujan turun. Sedia payung sebelum hujan seperti kata pepatah kudu dilakukan.

Payung perlu disediakan untuk melindungi badan agar tidak basah kuyup saat keluar rumah dalam kondisi hujan.  

Bagi para biker yang berkendara di jalan, persiapan yang dilakukan menghadapi musim penghujan ini tentu sesuai kebutuhan dan untuk Cari_Aman. Persiapan dan berkendara di musim penghujan ini dibahas dalam Safety Riding Webinar For Community   Paguyuban Honda Malang (11/10) yang live di instagram @mpmhondajatim. 

“Dalam Safety Riding Webinar kali ini pembahasannya pada berkendara di musim hujan dan tips-tips berkendaranya supaya aman dan nyaman untuk semua orang,” kata Misidianto instruktur Safety Riding MPM Honda distributor motor Honda  Jatim dan NTT yang menjadi pemateri.

Sebagai peserta Safety Riding Webinar ini dari Paguyuban Honda Malang. “Ketua dan seluruh pengurus Paguyuban Honda Malang ikut serta Safety Riding Webinar ini,” ujarnya.

Sebelum materi disampaikan, pre-test dilakukan.  “Pre-test untuk mengetahu pengethun peserta. Setelah pemberian materi kembali  dilakukan post test untuk mengetahui apakah webinar berjalan dengan optimal dengan materi diterima iswa dengan baik,” rincinya.

Masuk ke materi Safety Riding Webinar For Community.  Persiapan berkendara yang perlu dilakukan saat musim pengujan utuk Cari_Aman seperti perlengkapan untuk melindungi tubuh dari guyuran air hujan disampaikan.

 “Jas hujan yang baik dan benar yaitu model setelan perlu dibawa untuk jaga-jaga bila setiap saat turun hujan tinggal digunakan,” tambahnya.

Motor yang dipakai berkendara juga penting disiapkan. Ban yang langsung bersentuhan dengan aspal atau jalan di cek kelayakannya. Jalan yang lebih licin pas hujan tentu butuh ban yang bisa menapak dengan maksimal. Pastikan kondisi ban baik. Kembangan dan tekanannya sesuai dengan yang dianjurkan Honda.

Jika ban udah mulus alias gundul  maka perlu diganti baru. Demikian juga dengan tekanan anginnya dipastikan untuk selalu mengikuti anjuran pabrikan.

Lampu-lampu di motor di cek fungsionalnya. Lampu-lampu pastikan menyala dengan baik karena lampu sebagai alat komunikasi dengan pemakai jalan lain.

Rem di cek. Perangat pengereman bisa maksimal fungsinya. Jika rem sudah gak optimal, bisa di bawa ke bengkel resmi Honda AHASS untu diperiksa apakah setelannya atau sampai perlu ganti kampas baru.

Saat hujan, dan berkendara nekat dilakukan maka bawa motornya harus lebih hati-hati dan kewaspadaan tinggi. “Kendarai  motor dengan melakukan akselerasi dan deselerasi yang dapat dikontrol dan bertanggung jawab dan aman bagi diri sendiri dan pemakai jalan lain,” terang Misidianto.

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait

The Last of us
Kamis, 06 Aug 2020 11:15
Honda Community Jawa Timur

Microsleep Momok Buat Biker, Begini Menghindarinya

The Last of us
Senin, 06 Jul 2020 11:29
Honda Community Jawa Timur

Cari_Aman Berkendara Di New Normal

The Last of us
Senin, 11 May 2020 11:30
Honda Community Jawa Timur

Danger Prediction Di Jalan Pada Kopling

The Last of us
Minggu, 12 Apr 2020 16:04
Honda Community Jawa Timur

Belajar Safety Riding #dirumahsaja Bersama MPM Dalam Kopling

The Last of us
Jumat, 03 Apr 2020 15:30
Honda Community Jawa Timur

Teknik Cepat Pakai Helm

The Last of us
Jumat, 20 Mar 2020 10:20
Honda Community Jawa Timur

Cari_Aman Berkendara Dengan Jaga Jarak

The Last of us
Selasa, 10 Mar 2020 10:18
Honda Community Jawa Timur

HPCI Chapter Sidoarjo Training Safety Riding Di Safety Riding Course MPM