NEWS
DETAILS
Senin, 27 Nov 2023 19:35 - Honda Community Jawa Timur

Jas hujan jenis ponco mudah dan praktis dalam pemakaian. Tapi level tidak dianjurkan dipakai dalam berkendara.

Berikut alasan kenapa jas hujan jenis ponco tak direkomendasikan dipakai sebagai perlengkapan riding saat hujan :

-Gampang Nyangkut

Dari sisi desain, ukuran jas hujan model ponco itu sangat lebat. Selain itu, sudut atau ujung jas hujan bagian bawah bisa bergerak kemana-mana sehingga berpotensi nyangkut.

Fatalnya, ujung jas hujan bisa tersangkut bahkan terlilit di gir atau jari-jari roda. Kalau itu terjadi, bukan cuma bikin pengendara jatuh tapi leher juga bisa jadi cedera.

 

-Membahayakan Pengendara Lain

Karena ukurannya lebar, jas hujan ponco sensitif banget dengan hembusan angin. Saat laju sepeda motor di atas 30 km per jam, jas hujan ponco akan mengembang seperti layar dan berkibar-kibar.

Selain bisa menutupi lampu rem dan lampu sein belakang, sisi kiri dan kanan jas hujan bisa nyangkut di stang atau bagian sepeda motor pengendara lain.

 

-Mengurangi Keseimbangan

Saking lebarnya, hambatan laju angin jadi makin tinggi. Sehingga aerodimanis berkurang. Kondisi ini bikin pengendara lebih mudah terdorong hempasan angin. Apalagi saat hujan hembusan angin akan terasa lebih kencang dibanding saat cuaca cerah.

Itu artinya, pekerjaan pengendara jadi makin berat. Selain berjibaku melawan air hujan yang mengganggu konsentrasi dan jarak pandangan, pengendara juga harus bekerja ekstra mempertahankan kesimbangan laju motor supaya tak jatuh.

 

-Pakaian Tetap Basah

Tujuan utama pakai jas hujan adalah biar pakaian tetap kering. Tapi karena celah sisi kiri dan kanan yang lebar, air hujan jadi mudah membasahi pakaian dan tubuh pengendara.

Belum lagi tiupan angin dari sebelah kiri atau kanan serta cipratan air hujan dari kendaraan lain. Volume air hujan yang masuk dari celah jadi makin banyak.

Rasanya jadi sia-sia. Sudah bekerja ekstra berat melawan gangguan kesimbangan, membahayakan diri sendiri dan orang lain, tapi pakaian masih tetap basah.

Lebih baik #Cari_Aman, dengan menggunakan jas hujan jenis setelan atau jumpsuit yang bikin riding jadi lebih nyaman, aman dan pakaian akan tetap kering.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK