Rabu, 27 Nov 2019 11:33
Honda Community

Switch Starter Ngadat, Gak Usah Panik

Sebagai salah satu piranti kendaraan roda dua yang banyak manfaatnya, switch starter rusak tentu jadi hal yang tidak mengenakan. Apalagi disaat tersebut kaki kita sedang tidak bersahabatan untuk lakukan kick stater.

Pastinya, menjadi sesuatu kondisi yang bisa membuat kita naik darah.  Masalah kerusakan komponen tersebut, pada umumnya sering disebabkan oleh masalah kelistrikan lantaran aki perlu ganti atau ada kotoran yang menyumbat.

Meski menyebelkan, kerusakan switch starter tetaplah jadi masalah yang ada solusinya. Bahkan ada beragam cara sederhana yang bisa membuatmu terhindar dari keluar uang banyak, atau membuatmu lakukan langkah ekstrim dengan berganti motor untuk mengatasinya.

1. Ketahui tanda-tanda switch starter bermasalah

Meski saat digunakan tidak membuat motor menyela, namun kondisi itu bukanlah berati tanda switch starter di motormu rusak. Bisa jadi hal itu disebakan oleh ada beberapa komponen kabel yang terkelupas (putus) atau malah ada keruskan pada dynamo. Nah, dalam mengetahui tanda-tanda switch starter rusak kita bisa gunakan dua cara ini.

Pertama adalah dengan menggunakan perkiraan atau insting. Di mana hal ini bisa dilakukan dengan memantau beberapa lampu indikator yang berada pada panel speedometer. Kalau stater dinyalakan kompenen itu tetap menyala, itu artinya aki baik-baik saja. Lalu cara kedua adalah dengan mengecek menggunakan alat. Maksudnya ditujukkan memeriksa bagaimana kelistrikannya berjalan normal atau tidak.

2. Mencari biang kerok penyebab kerusakan

Langkah kedua yang perlu kalian lakukan dalam mengatasi permasalah ini adalah dengan mencari penyebab keruskan. Seperti halnya ada gula ada semut, switch starter ngadat tentu ada penyebabnya. Seperti telah disinggung di awal tadi, pada umumnya yang menjadi biang keladinya adalah terkait kotoran dan aki.

Namun, tidak menutup kemungkinan juga disebakan dinamo yang memiliki tugas menghubungan stater dengan mesin. Jika kalian sudah menumukan biang kerok tetang masalah ini, tentu akan sangat mudah untuk melakukan perbaikan. Tidak kebayang bukan, kalau tiba-tiba diperbaiki, selain bakal membuatmu keluar banyak tenaga, juga bisa menambah keruskaan di kendaraan roda duamu.

3. Cara memperbaiki switch starter kalau benar-benar rusak

Setelah melakukan langkah tadi dan bisa memastikan jika switch starter motormu benar-benar rusak, kalian bisa melakukan beberapa langkah ini. Pertama adalah dengan melepaskan beberapa kabel penghubung antara kabel elektrik starter yang menuju ke switch starter. Saat melakukannya gunakan solder agar tidak megalami kerusakan saat lakukan prosesnya.Kalau langkah tersebut sudah dilewati dengan baik, bongkar bagian komponen tersebut.

Setelah terbuka, lakukan pengamplasan pada setiap ujung kutub dari switch starter tersebut. Manfaat dilakukan hal ini adalah sebagai upaya membersihkan kotoran yang ada tempat tersebut. Selain bagian tadi, kalian juga bisa merenggangkan pegas yang ada di switch starter. Tujuannya adalah agar performa staternya bisa lebih baik lagi. Terakhir adalah menutup kembali bagain dilepaskan dengan menggunakan solder agar bisa terpasang dan merekat dengan kuat.

Begitulah tadi beberapa langkah bisa kalian gunakan, untuk memperbaiki komponen kendaraan satu ini tetap waras atau berjalan sesuai fungsinya. Salah satu hal yang perlu dicatat adalah, jangan sampai membiarkan switch starter rusak baru diperbaiki. Lebih baik, bila kalian rutin melakukan perawatan. Selain hemat biaya, juga tidak harus susah-suah membongkarnya.

Berita Terkait

The Last of us
Selasa, 30 Jun 2020 13:16
Honda Community

Kapan Waktu Servis Motor Yang Direkomendasikan?

The Last of us
Senin, 29 Jun 2020 12:02
Honda Community

Sambil Kerja Di Rumah, Ini Tips Ringan Rawat Motor Pribadi

The Last of us
Sabtu, 27 Jun 2020 11:57
Honda Community

Tips Merawat Riding Gear Selama Work From Home

The Last of us
Jumat, 19 Jun 2020 12:41
Honda Community

Tanda Kopling Sudah Aus Dan Minta Ganti

The Last of us
Selasa, 16 Jun 2020 12:30
Honda Community

Merawat Motor Pada Masa Pandemik

The Last of us
Kamis, 11 Jun 2020 13:02
Honda Community

Memilih Celana Khusus Berkendara, Bukan Sekadar Gaya

The Last of us
Kamis, 11 Jun 2020 12:44
Honda Community

Tips Menghindari Begal Untuk Para Pengendara Motor

The Last of us
Jumat, 05 Jun 2020 11:19
Honda Community

Kenali Sunburn Pada Spidometer Digital