NEWS
DETAILS
Senin, 24 Jul 2023 16:06 - Ikatan Motor Honda Makassar

Diantara warna sepeda motor yang ditawarkan produsen ada yang disebut doff atau matte. Tipe warna doof ini memang tampak berbeda dari yang standar atau metalic, terlihat lebih elegan dan eksklusif. 

Perlu Brad dan Sis ketahui, karakter cat doff berbeda dengan yang cat glossy atau mengkilap jadi jangan sampai melakukan kesalahan dalam perawatannya. Contohnya motor warna jenis doff dipoles layaknya cat glossy yang mengakibatkan dari doff menjadi glossy.

Jadi, merawat bodi motor berwarna doff memang perlu dilakukan dengan hati-hati dan perlu perhatian lebih. Diantaranya jangan sering terpapar sinar matahari, akibatnya nanti warna akan bisa memudar. Bagaimana dalam perawatannya agar tak mudah pudar, berikut ini beberapa cara dan kiat merawat sepeda motor yang memiliki warna doff. 

Untuk mencuci motor, hindari memakai sabun yang mengandung deterjen seperti cairan cuci piring, karena memiliki sifat asam yang bisa membuat cat dua kali lebih cepat memudar dibandingkan motor dengan cat jenis metalik. Karena umumnya cat doff tidak dilapisi zat vernis, jadi mudah pudar. Pilih sabun yang memiliki pH netral, seperti sampo khusus kendaraan.

Gunakan kain microfiber dan spons yang lembut saat mencuci agar tidak menimbulkan baret di bodi motor. Jika terjadi baret akibat bergesekan dengan kotoran yang keras, sepeda motor cat doff justru terlihat mengilap.

Hindari mencuci motor di bawah sinar matahari langsung, terik matahari langsung akan mengakibatkan shampoo motor yang langsung mengering yang dapat  menimbulkan cat motor doff lebih cepat pudar dan jamur. 

Bila ada noda atau bercak di permukaan cat langsung dibersihkan pakai waterspot remover. Caranya dengan menyemprotkan cairan itu, lap body motor secara perlahan dan sedikit ditekan hingga noda hilang.

Bila body motor sudah mengalami baret, tidak bisa dipoles seperti halnya pada cat metalik. Solusinya adalah dengan pengecatan ulang atau mengganti panel bodi. Pengecatan juga tidak bisa hanya pada area yang baret melainkan satu panel agar tidak terlihat perbedaan warna.

Kalau baret halus, pemolesan bisa dilakukan, tapi hindari penggunaan cairan pemoles dengan bahan dasar minyak karena dapat membuat cat doff jadi mengilap. Sebaiknya gunakan cairan pemoles dengan bahan dasar air (water based).

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK