NEWS
DETAILS
Senin, 12 Aug 2019 11:46 - Honda Community

Sederet wisata alam di Yogyakarta yang tak kalah seru. Salah satu wisata alam yang patut brader coba adalah wisata alam Kalibiru.

Wisata alam Kalibiru ini terletak di kawasan Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasi tepatnya terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 40 kilometer.

Perjalanan menuju tempat wisata alam Kalibiru ini harus dilewati melalui jalanan yang menanjak dan cukup berliku. Brader dianjurkan untuk menggunakan motor yang sehat, agar perjalanan menjadi lebih lancar. Untuk mencapai ke tempat wisata alam Kalibiru, ada beberapa alternatif rute perjalanan yang bisa dipilih, seperti:

- Rute Sermo

Rute ini banyak dipilih oleh wisatawan karena dalam perjalanannya akan dijumpai pemandangan waduk sermo, yang membuat perjalanan akan lebih menyenangkan. Untuk menuju ke Kalibiru dengan rute ini, Brader bisa melewati daerah Sentolo, lalu ke Pengasih. Dari sana, lanjut kea rah alun-alun Wates – RSUD Wates – Beji – Sermo. Setelah dari Sermo, Brader bisa menuju Kalibiru.

- Rute Clereng

Menggunakan rute ini untuk menuju ke Kalibiru akan lebih cepat daripada rute yang pertama. KArena pada rute ini tidak didapati tanjakan atau likuan yang parah seperti pada rute pertama. Untuk menggunakan rute ini, Brader bisa menuju Sentolo, lalu Pengasih. Setelah mendapati perempatan Pengasih, belok kea rah kanan (menuju Clereng). Kemudian ikuti saja rute tersebut untuk menuju Kalibiru. Terdapat penunjuk jalan, jadi Brader tidak perlu cemas.

- Rute Kota

Merupakan rute yang paling jarang digunakan, karena jarang ada wisatawan dari arah Malioboro yang menuju Kulon Progo. Namun jika Brader sedang berada di Malioboro dan ingin ke Kulon Progo, Brader bisa mengambil jalur Purworejo. Cukup ikuti jalan sampai di terminal Wates. Setelah sampai di terminal, ikuti petunjuk jalan guna menuju ke waduk Sermo. Kalau sudah di Sermo, ikuti terus rute ke Kalibiru.

Fasilitas wisata alam Kalibiru sudah semakin baik, terawatt, dan lengkap. Anda bisa menginap di sini, karena terdapat homestay di dalam wilayah wisatanya. Fasilitas umum lainnya yang bisa digunakan seperti toilet dan kamar mandi sudah cukup banyak, bersih, dan sangat terawat.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK